Minggu, 21 Desember 2014

Cakue/Cakwe

Cakue merupakan jajanan khas sunda. Cakue berbentuk panjang, rasa gurih dan dalamnya berlubang ketika di gigit. Enaknya dicocol pake sambal. Saya kalau makan cakue enggak bisa berhenti pinginnya ngunyah terus. Habis doyan sama cemilan satu ini. Meski hanya dari terigu dan diberi ragi saja sudah cukup enak, plus tambah sambal jadi mantap.. 

Membuat Cakue saya sering gagal. Mulai dari nggak ada rongganya, kayak roti biasa, teksturnya keras dan terakhir kemarin alhamdulillah bisa dibilang berhasillah. Teksturnya dapat dan berrongga. Alhamdulillah laris manis.

Resepnya saya dapat dari Mbak Ita-dapur griya khayangan. Mbak Ita bilang kalau untuk mendapatkan tekstur yang bagus, sebaiknya menggunakan tepung terigu protein tinggi, Terima kasih resepnya.

Cakue/Cakwe
source. Ita Dapur Griya Khayangan

Bahan Biang:
1 sdt ragi
1 sdm terigu
1 sdt gula pasir
3 sdm air hangat
=> Campur semua bahan menjadi satu,  aduk rata, biarkan kurang lebih 10-15 menit.  Saya mendiamkannya 20 menit. Sampai terlihat berbuih.

Bahan Cakue :
250 gram terigu 
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
100 ml air 
1 sdm minyak 

Cara membuat :
  1. Campur terigu, garam, soda kue, dan baking powder dalam wadah. Masukkan bahan biang dan minyak aduk rata menggunakan tangan sampai rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tidak lengket ditangan.
  3. Bulatkan adonan cakue. Tutup dengan plastik. Diamkan 2 jam atau lebih untuk mendapatkan adonan yang kenyal dan berongga.
  4. Setelah selesai masa fermentasi, kempiskan dengan cara meninju adonan.

  5. Kemudian tipiskan dan lebarkan adonan dengan menggunakan rolling pin. Potong adonan dengan ketebalan 1 cm, lebar 3 cm dan panjang 15 cm atau sesuai selera. 
     
  6. Tumpuk dua potong adonan, oles tengahnya dengan air.
  7. Tekan tengahnya dengan sumpit atau tusuk sate. Lakukan hingga habis.
  8. Goreng diminyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.
  9. Angkat. Cakue siap dinikmati bersama dengan saos.
Maaf membuatnya tidak rapih...
Selamat mencoba ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar