Kamis, 31 Desember 2015

Happy New Year's


Happy New Year's 

Selamat Tinggal 2015 dan Selamat Datang 2016
Jadikan perjalanan hidup kemarin sebagai pembelajaran, semoga kita tidak mengulang kesalahan lagi. Dan memantapkan lagi langkah-langkah yang sempat tertunda menjadi langkah yang penuh keyakinan hingga sampai pada tujuan.

Senin, 28 Desember 2015

Pineapple Jam (Selai Nanas)

Membuat selai sesuai yang kita inginkan ternyata tidak susah. Asalkan ada bahan, alat yang sederhana dan yang paling utama kemauan. Susah sih, bahan dan alat sudah ada tetapi mood jelek. Nggak bakal jadi juga, buat selai atau apapun itu. Seperti nasib nanas ini. Saya beli pas hari jum'at, tapi karena udah capek dan masih banyak yang harus dilakukan. Jadinya, nanas saya eksekusi pagi ini. Untungnya nanas tidak membusuk, masih dibilang baguslah.

Teman-teman pasti sudah sering membuat selai nanas. Kali ini saya membuat selai nanas untuk olesan roti. Jadi, selainya tidak terlalu kental. Untuk manis dan kekentalannya sesuaikan dengan selera masing-masing ya...
Yuk, kita buat dengan hati. Biar sesuatu yang sederhana menjadi istimewa ya...

Pineapple Jam (Selai Nanas)

Bahan:
1 buah nanas matang
5 sdm gula pasir
1 gelas air
1 lembar daun pandan
Sedikit garam

Cara membuat:
  1. Kupas nanas hingga bersih, rendam di air garam 30 menit lalu bersihkan dengan air matang. Potong-potong nanas bentuk kotak kecil.
  2. Siapkan blender. Masukkan nanas dan air. Blender nanas hingga setengah lembut atau sesuai keinginan.
  3. Tuang dalam panci kecil. Masak nanas yang sudah dihaluskan dengan menggunakan api kecil sampai airnnya hampir habis.
  4. Kemudian masukkan gula. Biarkan gula larut dan selai mulai kental.
  5. Angkat. Biarkan dingin. Masukkan ke dalam toples yang sudah dimasukkan ke dalam air mendidih terlebih dahulu. Tutup rapat Selai.
  6. Selai siap dinikmati bisa untuk olesan roti atau isi roti. 
 
Selamat mencoba. Semoga bermanfaat *-*

Rabu, 23 Desember 2015

Met Milad Ibu


MET MILAD

Teruntuk Ibuku Tersayang

Terima Kasih Atas Kasih Sayang yang Engkau Berikan Selama ini. Semoga Allah Selalu Memberikan Kesehatan, Kebahagiaan, Barokah, Rezeki yang Tidak Terduga, dan Selalu Ada Untuk Kami.

Semoga Kami dikemudian Hari Bisa Memberikan Arti dan Membuat Ibu Tersenyum Kembali.

Ajarkan Saya Agar Bisa Setegar Engkau Menghadapi Kerasnya Dunia. Berdamai Dengan Luka.


I LOVE YOU, IBU
Aku Sayang IBu
Abdi Deudeuh Ka Ibu

Selamat Ulang Tahun 
 

Selasa, 22 Desember 2015

Hari Ibu Nasional

Hari Ibu merupakan hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang Ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan biasnya dengan membebastugaskan ibu dari tugas sehari-hari. Dimana setiap tanggal 22 Desember selalu menjadi moment pengungkapan rasa sayang anak kepada ibunya. Sedangkan dahulu makna hari ibu bukan hanya sekedar mengungkapkan cinta kasih, namun lebih dalam dari itu.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara Nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No.316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kongres ini diadakan di sebuah gedung bernama Dalam Jayadipuran, yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jln. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Raden Ajeng Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said dan sebagainya. Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.

Hari Ibu merupakan perjuangan wanita-wanita Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan, memiliki rasa kebangsaan yang dalam, untuk mendapatkan kehidupan yang layak. Untuk menunjukkan rasa cinta dan sayang kita terhadap Ibu kita, tidak harus tanggal 22 Desember saja. Kita dapat menunjukkannya setiap hari perasaan cinta itu. 

Meskipun sudah ada hari Ibu untuk menunjukkan perasaan itu masih tetap susah. Karena kita tidak terbiasa untuk mengungkapkan perasaan itu. Yuk, mulai hari ini kita biasakan mengungkapkan perasaan cinta kita terhadap Ibu setiap hari, seperti beliau selalu dapat mencurahkan cinta kasihnya kepada kita setiap detiknya. Memang tidak akan sama dengan cinta yang Ibu berikan. Tapi setidaknya kita sudah berusaha.

Sumber. wikipedia Indonesia

Minggu, 20 Desember 2015

Apple Carrot Juice

Hari saya membuat yang seger tanpa es tanpa pemanis. Setelah kemarin menu makanan hampir semua daging ayam. Sate ayam yang Om Anton beli sebanyak sepuluh bungkus. Gimana nggak puyeng lihatnya, apalagi makannya, ya? Padahal biasanya kalau beli sate hanya dua bungkus untuk enam orang. Padahal pagi dan siang kami sudah menyantap makanan dengan menu semur ayam. Bi Imas dari Jakarta datang berkunjung ke Garut setelah sekian lama tidak pulang. Setiap Lebaran atau hari libur pasti Bi Imas ke rumah orang tua suaminya. Untunglah kemarin Bi Imas dan keluarga pulang ke Garut, meski hanya sebentar. Dan malamnya, kayaknya kami mabok sate ayam. Malah masih bersisa sepuluh dan saya simpan di kulkas, hari ini belum kami sentuh. 

Jus yang saya buat sudah manis dari buah apel dan wortel, Bagi yang suka manis bisa ditambahkan madu, atau simpel sirup.

Apple Carrot Juice

Bahan:
5 buah apel malang atau apel apa pun yang kamu suka
2 buah wortel
1 gelas air putih boleh hangat atau dingin

Cara membuat:
Kupas wortel hingga bersih. Cuci apel dan wortel. Potong-potong wortel dan apel. Masukkan kedalam blender dan beri air. Blender hingga halus. Saring jus hingga tinggal airnya saja. Tuang ke dalam gelas. Bisa ditambahkan es batu.
Siap dinikmati

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat *-*

Serundeng


Serundeng merupakan makanan khas Indonesia yang sering digunakan sebagai lau-pauk nasi. Serundeng dibuat dari kelapa parut yang disanggrai sampai kuning kecoklatan, diberi bumbu yang dihaluskan. Serundeng umumnya dihidangkan dengan irisan daging atau ditaburkan ke atas soto, ketan atau burasa (makanan Makassar) untuk menambah gurih rasa makanan tersebut.



Serundeng

Bahan : 
1 butir kelapa atau 190 gram kelapa parut
1 sendok teh ketumbar
1 1/2 sendok teh garam
5 sendok makan gula merah
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
1 butir asem
3 buah cabe merah kering atau segar
1 lembar daun salam
1 buah serai memarkan
Minyak untukk menumis

Cara membuat :
  1. Sangrai kelapa parut dengan menggunakan api sangat-sangat kecil sampai kelapa kuning kecoklatan dan kering. Sisihkan.
  2. Ulek ketumbar dan garam hingga halus. Kemudian masukkan bawang putih dan cabe merah, ulek sampai halus. Masukkan bawang merah dan asem. Terakhir gula merah, ulek halus.


  3. Panaskan wajan yang berisi minyak dengan api sedang menuju kecil. Masak semua bahan halus, daun salam dan serai. Tumis hingga harum dan gula mulai berambut.
  4. Masukkan kelapa kering, aduk rata. Cicip. Masak hingga bumbu tercampur dan kering. 
  5. Angkat. Serundeng siap digunakan.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat *-*

Milky Juice of Ginger (Jus Susu Jahe)

Kemarau yang panjang kemarin. Banyak diberbagai daerah di Indonesia mengalami kekeringan. Pengairan untuk pertanian dan perkebunan kering, sungai hanya aliran kecil yang mengalir malah lebih banyak yang kering. Pemukiman-pemukiman kekuarangan air bersih untuk memasak, minum, mencuci semua keperluan rumah tangga harus digilir ada yang kebagian ada yang tidak. Malah banyak yang tidak. Yang tidak terbagi giliran karena tidak mengalir ke pipa rumah, meminta kepada tetangga (kalau tetangganya baik, ini tetangga yang memiliki hati PELITa, tidak akan sudih hanya membagi satu tetes air) atau lebih banyak mereka yang mengguanakan air yang di bawa oleh tengki air. Entah dari mana airnya diambil. 

Sudahlah, biarlah kemarau kemarin menjadi pembelajaran untuk kita. Sekarang, kita sambut dan bersujud syukur penghujan telah hadir, membasahi bumi kita yang kekeringan, memberi kehidupan kembali kepada tumbuhan-tumbuhan yang beberapa bulan belakang tak tersentuh segarnya air. Terutama bagi saya. Bisa merasakan kembali udara wangi tanah dan tumbuhan, melihat kembali tumbuhan di halaman yang kemarin tampak mati sekarang mulai memperlihatkan kembali pucuk-pucuknya yang indah. 
Di musim penghujan seperti ini, tidak salah bila kita membuat segelas minuman hangat. Minuman yang bisa kita nikmati pagi, siang atau pun malam. Saya selalu membuat minuman yang berbahan jahe. Sangat simpel membuatnya, tapi khasiat yang saya rasakan luar biasa, apalagi saya sering bergadang. Sering masuk angin, perut kembung.

Milky Juice of Ginger

Bahan :
5 sendok makan susu kental manis
30 gram jahe kupas bersih (sesuaikan selera)
1/2 sendok teh kayumanis bubuk
1 gelas air panas

Cara membuat :
  1. Siapkan blender. Masukkan jahe, air dan kayumanis. Blender hingga tercampur rata.
  2. Saring air jahe, hingga tinggal ampasnya saja.
  3. Tuang susu kental manis ke dalam gelas dan beri jus jahe, aduk rata.
  4. Jus susu jahe siap dinikmati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat *-*

Minggu, 13 Desember 2015

Pastel Tutup Sayur




Pastel Tutup Sayur
Source. Sajian sedap
Modifikasi. Rismayanti Megawati

Bahan:
800 gram kenang kukus dan haluskan
50 gram keju parut
1 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
1 butir telur ukuran besar

Bahan Tumis:
4 buah wortel potong dadu
50 gram buncis potong-potong
1 buah jagung manis pipil
3 siung bawang putih iris halus
1 buah bawang bombay iris-iris
5 batang daun bawang
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica putih atau hitam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt pala bubuk
1 sdm kaldu bubuk
100 ml air kaldu ayam
Minyak untuk menumis
Kuning telur untuk olesan

Cara membuat:
  1. Dalam wadah sedang campur kentang kukus yang sudah dihaluskan, keju parut, telur, garam dan gula pasir aduk sampai rata. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu. Masukkan wortel beri air kaldu, masak hingga setengah matang. Kemudian masukkan jagung biarkan 2 menit dan masukkan buncis.
  3. Beri bumbu garam, merica, gula putih, pala bubuk, dan kaldu bubuk aduk dan cicipi. Masak hingga airnya habis. Sebelum diangkat masukkan daun bawang. Angkat.
  4. Siapkan loyang atau wadah tahan panas ukuran 22 cm yang sudah dioles margarin. Ambil 1/2 bagian kentang ratakan dalam loyang. Masukkan tumisan tadi ratakan dan tutup dengan 1/2 bagian kentang yang tadi.
  5. Panggang dengan suhu 180'C kuang lebih 30-35 menit atau hingga pastel matang.
  6. Sajikan hangat.

Selamat mencoba *-*

Kamis, 10 Desember 2015

Banana Bread


Banana bread ini merupakan sejenis roti yang terbuat dari pisang yang dilumatkan hingga lembut. Teksturnya yang moist, manis dari perpaduan adonan dan pisang. Tidak seperti adonan roti pada umunya, banana bread ini menggunakan soda kue dan baking powder sebagai bahan pengembang. Menurut saya rasanya hampir ke cake daripada roti. Untuk rasa banana bread ini enaaakkk bangeet.. Wangi pisang dan kayumanis waktu dalam oven saja udah menggoda pas keluar dari oven, langsung saya keluarkan dari loyang, foto dan potong, langsung deh habis beberapa potong banana bread. Ibu juga tidak kalah banyaknya makan.


Resepnya saya lihat dari joyofbaking.com. Kayaknya bakal buat lagi banana bread, soalnya enaaakkk dan buat guampang banget nggak pake mixer. Tinggal aduk-aduk adonan basah dan masukkan adonan kering aduk jadi satu masukkan loyang, panggang deh. Dan siap dinikmati sendiri ataupun bersama keluarga tercinta.. 


Yuk, intip resepnya..

Banana Bread
Source. joyofbaking

Bahan:
230 gram tepung terigu
5 buah pisang ambon/lumut/candavis matang, lumatkan
150 gram gula pasir
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda/soda kue
1/4 sdt garam
1 sdt kayumanis
2 buah telur ukuran besar
113 gram mentega / margarin lelehkan
1 sdt vanilla extract /vanilli bubuk

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 180'C atau 360'F. Oles loyang ukuran 9 x 5 x 3 inch atau 23 x 13 x 8 cm dengan margarin/mentega dan taburi terigu secara tipis. atau bisa menggunakan kertas baking untuk alasnya.
  2. Siapkan wadah ukuran sedang, campur terigu, garam, vanilli, baking powder, baking soda, dan kayumanis, aduk hingga rata.
  3. Di wadah yang berbeda, aduk pisang yang sudah dilumatkan, telur, mentega/margarin cair dan gula pasir sampai gula larut. Masukkan adonan kering aduk rata. Mengaduknya jangan terlalu over ya.


  4. Tuangkan dalam loyang dan panggang kurang lebih 55-60 menit atau sampai matang.
  5. Angkat dan sajikan hangat.
Selamat mencoba *-*

Selasa, 08 Desember 2015

Bubur Kacang Hijau



Bubur Kacang Hijau

Bahan:
250 gram kacang hijau
370 gram gula merah sisir
100 gram gula pasir
1 bungkus vanilli bubuk
1/2 sdt garam
1 jari atau 7 cm jahe
1000 ml air
500 ml santan


Cara membuat:
  1.  Rendam kacang hijau semalaman hingga mengembang dua kali lipat. Buang airnya. Cuci bersih.
  2. Masak kacang hijau, air dan jahe hingga kacang empuk.
  3. Masukkan gula merah, gula pasir, vanilli, garam dan santan sambil terus diaduk hingga matang.
  4. Angkat. Sajikan hangat bersama roti kesukaan.

Selamat mencoba *-*

Es Pisang Ijo


Es pisang ijo merupakan makanan khas dari Sulawesi Selatan, terutama daerah Makassar. Bahan utamanya tentu saja pisang. Pisang yang dibungkus dengan adonan hijau dan diberi vla, serutan es. Membuatnya pun sangat simple ternyata. Kalau dilihat iya, seperti ribeut harus menyiapkan vla, membuat kulit untuk membungkus pisang, membuat sirup dan lainnya.


Es Pisang Ijo
Source. Mbak Hesti

Bahan:
250 gam terigu
100 gram tapioka
1 sdt garam
3 sdt gula pasir
700 ml santan
50 ml air pandan dan suji
3 sdm minyak
1 sisir pisang raja/pisang nangka/pisang ambon yang sudah matang, kukus.

Saus (larutkan dan masak bahan sampai meletup-letup)
1200 ml santan dari 1 butir kelapa
150 gram tepung beras
1/2 sdt garam
200 gram gula pasir atau sesuai selera
2 lembar daun pandan

Cara membuat:
  1. Larutkan terigu, tapioka, gula, garam, minyak, air pandan/suji, dan santan sampai halus tidak bergerindil kalau perlu disaring.
  2. Tuang dalam loyang, kukus kuang lebih 15 menit atau sampai matang.
  3. Panas-panas ambil satu sendok adonan, pipihkan menggunakan plastik agar tidak lengket gunakan sendok plastik untuk membantu. Beri isi pisang lalu tutup dan bentuk seperti pisang.
  4. Sajikan bersama vla, saus nerah, es serut, kacang tanah, dan choco chip warna - warni
Selamat mencoba *-*

Kamis, 03 Desember 2015

Unbaked Strawberry Mousse




Unbaked Strawberry Mousse
Source. Sajian sedap

Bahan Alas:
125 gram marie regal, hancurkan halus
50 gram mentega tawar

Cheese cake:
200 gram cheese cream
50 gram gula halus
1/4 sdt garam
150 gram strawberry, blender halus
100 gram white cooking chocolate, lelehkan
6 lembar gelatin (3 sdm gelatin)
200 gram krim kocok
5 tetes pewarna merah (optional)
100 gram strawberry potong kotak kecil

Toping:
100 gram selai strawberry
75 ml air
100 gram strawberry iris-iris

Cara membuat:
  1. Alas. Aduk rata bahan alas sampai bergumpal.
  2. Masukkan adonan alas di dasar aluminium bulat diameter 8 cm. Padatkan. Sisihkan.
  3. Kocok cream cheese asal lembut. Masukkan gula halus dan strawberry blender. Kocok rata.
  4. Tambahkan white cooking chocolate dan gelatin kock rata.
  5. Masukkan sedikit-sedikit ke dalam kocokan krim sambil dikocok perlahan. Masukkan potongan strawberry. Aduk menyebar. Tuang di atas alas. Ratakan dan bekukan.
  6. Masak selai dan air sambil diaduk hingga larut. Masukkan strawberry. Tuang ke atas cheese cake. Dinginkan.
 
Selamat mencoba *-*