Kamis, 30 April 2015

Eggless Chocolate Chip Banana Bread

Masih dalam rangka memanfaatkan hasil panen. Sekarang pisang yang saya eksekusi. Ini pertama kali saya membuat banana bread, tanpa telur lagi. Deg degan juga takut gatot. Tapi ternyata jadi, rasanya enak dan tentunya wangi banget pisang. Masih dalam oven saja wangi pisang menusuk penciuman. Hmmmm...

Resepnya saya dari Mbak Rina dapur manis. Makasih ya mbak resepnya. Akhirnya berhasil lagi.

Eggless Chocolate Chip Banan Bread
Source. rina-dapurmanis.blogspot.com

Bahan: 
200 gram tepung terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
100 gram gula palem
50 gula pasir
250 gram pisang uli/ambon
100 gram mentega
1/2 sdt vanilla bubuk
75 gram choco chips

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang bulat/kotak ukuran 18 cm alas kertas roti, oles margarin. Panaskan oven 180'C.
  2. Dalam sebuah wadah besar ayak bahan kering. Sisihkan.
  3. Siapkan blender masukkan gula palem, gula pasir, pisang, mentega dan vanili. Proses sampai benar-benar halus.
  4. Tuang adonan pisang halus ke dalam campuran terigu, aduk menggunakan whisk sampai adonan benar-benar tercampur rata. Adonan yang terbentuk sangat kental. Masukkan sebagian choco chips.
  5. Tuang ke dalam loyang, hentakkan sedikit supaya rata permukaannya. Taburi dengan sisa choco chips.
  6. Panggang dalam oven selama 45-50 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Lakukan test tusuk. Keluarkan dari loyang dan dinginkan.

Selamat Menikmati dan mencoba *-*

Jamur Krispi

Siapa yang suka ngemil? Angkat tangannya...
Siapa yang tidak suka mengemil? Pasti banyak diantara teman-teman suka ngemil. Termasuk saya. Satu mangkuk jamur krispi rasanya kurang dan rasanya mulut ini ingin terus menggilas. Hingga tidak peduli lagi dengan namanya timbangan.

Beberapa hari yang lalu saya menemukan resep jamur krispi sajian sedap. Bahannya mudah di dapat. Hanya saja saya setelah mencuci bersih dan memeras jamur. Saya menjemurnya beberapa saat, untuk menghilangkan air yang masih terperangkap dalam daging jamur, kurang lebih 2 - 3 jam. Alhamdulillah hampir mendekati keinginan.

Saya sertakan resepnya bagi teman-teman yang mau mencoba.

Jamur Krispi
Source. Sajian sedap
Modif. Rismayanti Megawati

Bahan:
250 gram jamur tiram suir-suir
500 ml minyak goreng untuk menggoreng

Pencelup:
5 sendok makan tepung terigu serba guna
2 sendok makan tepung sagu/tapioka
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih halus/bubuk
1 gelas air

Pelapis:
250 gram terigu serbaguna
50 gram sagu tani
1 sdt paking powder
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih halus/bubuk

Cara membuat:
  1. Cuci bersih jamur dan peras airnya sampai benar-benar tiris. Jemur kurang lebih 2-3 jam. Sisihkan.
  2. Gulingkan jamur ke dalam pelapis. Celupkan ke dalam pencelup dan gulingkan lagi ke dalam pelapis.
  3. Goreng jamur dalam minyak matang di atas api sedang sampai benar-benar matang dan kering. Angkat. Tiriskan. Simpan dalam toples kedap udara.
Selamat mencoba *-*

Tim Peda Bikin Kangen

Lauk yang satu ini membuat saya merindukan masakan nenek. Dahulu beliau sering membuat tim peda. Memang sederhana tapi membuat saya lahap makan. Kalau sudah ada tim peda di meja, daging jadi tersingkir. Dia tak tersentuh oleh tangan saya meski hanya secuil. Nasi hangat, kerupuk dan tim peda menurut saya sudah cukup untuk menghadirkan selera makan, bahkan bisa dua kali lipat.

Minggu lalu saya dan ibu seperti biasa pagi-pagi pergi ke warung atas, bukan karena di tempat saya tidak ada warung, hanya saja bukanya agak siang. Jadi sambil berolahraga dan menghirup udara pagi yang masih bersih setiap pagi kami berdua suka belanja ke warung atas. (Di warung atas harganya lebih murah dari pada warung dekat rumah teman-teman, malah harganya hampir sama dengan di pasar besar, jadi bisa menghematlah). 

Pertama sampai sana mata saya tertuju pada ikan asin peda. Langsung otak berputar ke masa lalu. Saya tanya ibu, "Ibu tahu tidak cara membuat tim peda? Kalau tahu bumbunya bagaimana kalau hari ini kita buat tim peda. Kangen udah lama nggak makan tim peda." Aha, ibu langsung setuju. Ikan asin peda yang meluncur pertama di baskom belanjaan menyusul belanjaan yang lainnya.

Sampai di rumah hal yang pertama saya lakukan mengeksekusi si peda tadi. Untung nenek belum menanak nasi. Saya mencampur bahan-bahan yang dikasih tahu ibu. Tidak ada yang ribet. Semuanya benar-benar tinggal cemplang cemplung. Ikan asin peda dan bumbu sudah siap dikukus bersamaan dengan menanak nasi. Jadi, pas nasi matang, tim peda pun ikut matang dan siap disantap.

Tim Peda
By. Resep dari Ibu dan Nenek Saya

Bahan:
3 buah ikan asin peda
2 buah cabe keriting
5 buah cabe rawit
1 buah asam
1 buah tomat ukuran sedang
3 buang bawah merah iris
5 sdm minyak goreng/olive oil
2 lembar daun salam
3 sdm gula merah atau sesuai selera

Cara membuat:
  1.  Masukkan ikan asin peda dalam wadah/piring seng. 
  2. Tata semua bahan di atas ikan asin peda. Kukus hingga matang di atas api sedang sampai matang.
  3. Sajikan bersama nasi hangat.
Note. Tidak perlu memakai garam karena ikan sudah mengandung garam. Tidak memakai air karena air akan terbentuk selama prose pengukusan. 

Lauk yang simple tapi sungguh nikmat luar biasa.

Selamat mencoba *-*

Kue Mangkok Ubi Ungu

Alhamdulillah, bulan ini saya panen ubi. Hasilnya banyak banget meski udah dikasih ke tetangga. Sudah saya kukus, dibuat obi, sebagai bahan membuat bumbu lotek. Tapi tetap saja masih buanyaakkk... Akhirnya, saya kepikiran untuk membuat kue mangkok. Apalagi pake ubi ungu kayaknya bakal cantik hasilnya.

Disela-sela membuat pesanan dan masak untuk sarapan. Saya coba mengumpulkan bahan, mulai dari ubi yang saya kukus bersamaan dengan kelapa untuk klepon. Menimbang dua adonan sekaligus, satu untuk klepon dan satunya untuk kue mangkok. Rempong sih ngerjainnya, tapi hasilnya luar biasa keringatan..

Pas mencampur adonan campur tepung yang sudah aduk dengan ragi dan ubi ungu yang sudah dihaluskan, eh hasilnya kok nggak ungu ya,malah agak keabu-abuan, aneh deh. Semua bayangan jadi kabur deh, setelah lihat penampakannya kue mangkok mekar cantik dengan warna abu. Ada yang tahu kenapa kue mangkok ubi saya berubah warna teman-teman? Kalau ada yang tahu ditunggu jawabannya, ya.

Oke deh, kita sekarang beralih keresep. Resepnya saya menggunakan yang dari Mbak Rina Audies. Hanya diganti dengan ubi ungu saja. Oh ya, untuk menghasilkan kue mangkok yang merekah/mekrok, saya selalu menggunakan api besar sehingga dandang benar-benar berembun banyak. Adonan kalau bisa satu kali pengukusan tidak menunggu dulu, jadi ragi masih aktif. Setahu pengalaman pertama saya waktu itu saya mengukus adonan tiga kloter. Kloter yang terakhir kurang begitu ketawa ngakak mereka hanya senyum doang tidak seperti kloter pertama ketawa cantik. jadi itu kesimpulan saya, adonan jangan terlalu lama didiamkan. Kalau ada pengalaman lain dari teman-teman boleh share di sini ya. Cetakannya nggap perlu dikasih minyak.

Sekarang yuk kita buat kue mangkok ini.

Kue mangkok Ubi Ungu

Bahan Biang :
100 gram terigu serbaguna
1 sdm ragi
150 ml air hangat

Bahan Utama:
100 gram tepung beras
100 gram terigu serbaguna
1 sdm baking powder
100 gram ubi ungu, haluskan
250 ml santan sedang/air/susu cair
200-300 gram gula pasir

Cara membuat:
  1. Biang. Campur semua bahan aduk rata. Diamkan ditempat hangat hingga mengembang kurang lebih 20 menit.
  2. Dalam wadah lain campur terigu, tepung beras dan baking powder, aduk rata.
  3. Masukkan ubi ungu halus, remas-remas dengan menggunakan tangan sampai rata. Tuang santan dan uleni menggunakan tangan.
  4. Masukkan biang uleni dengan tangan juga sampai tercampur rata. Adonan akan menjadi kental tapi mudah dituang dengan menggunakan sendok.
  5. Masukkan gula pasir dalam tiga tahap uleni rata.
  6. Panaskan kukusan sampai beruap banyak dengan api besar dan tutup kukusan di lapis serbet agar air tidak menetes pada adonan. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh. Masukkan ke dalam kukusan. Beri jarak diantaranya dan kukus 15 menit atau sampai benar-benar matang. Angkat.
Selamat mencoba *-*

Minggu, 12 April 2015

Homemade Gluten Daging Vegetarian

Gluten? Apa itu gluten? Yuk kita cari tahu tentang gluten.
Menurut dr.Tirta Purwitasari, SpGK dari Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, gluten merupakan protein. Protein yang secara alami terkandung dalam hampir semua serealia dan biji-bijian. Gluten mengandung 90% protein, 8% lemak, dan 2% karbohidrat. Senyawa ini memang kompleks dari dua tipe protein, adalah gliadin dan glutenin. Ketika tepung dibasahi pada persiapan adonan, gluten mengikat sebagian air dan membentuk struktur seperti kisi-kisi. Struktur ini yang dimanfaatkan untuk memerangkap udara guna meningkatkan volume dalam pembuatan roti.

Gluten ini sangat diperlukan dalam pembuatan produk bakery seperti, roti, cake dan cookies. Gluten ini yang menyebabkan adonan menjadi elastis (lentur) dapat direntangkan dan kenyal dalam membuat roti, sehingga ketika dipanggang, roti akan terasa kenyal  saat dimakan karena gluten bersifat kedap udara. Rata-rata dalam pembuatan roti protein yang diperlukan sekitar 11%.

Meski gluten banyak terdapat gandum, termasuk juga rye, dan sedikit pada oat. Ternyata bukan hanya pada roti saja yang terdapat gluten, banyak produk yang mengandung gluten seperti, sereal, bir, whisky, vodka, pengental makanan, salad dressing, saus dan sebagainya. Selain itu juga karena sifatnya kenyal sering digunakan dalam membuat daging tiruan oleh para penganut vegetarian. Itu dia sebabnya, gluten sering disebut daging vegetarian. Ada sejumlah orang yang tidak dapat mengkonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh merusak dinding usus halus, dan dapat ditangani apabila penderita tidak memakan gluten seumur hidup. Itulah kira-kira. 

Saya menemukan resep gluten daging vegetarian ini dari blognya Mbak Monic dan Mbak Monic dari blognya dentistvschef. Lumayan harus sabar juga dalam membuat gluten ini. Karena kita harus mencuci adonan hingga airnya bening dan adonan menjadi berkurang. Diresep Mbak Monic itu menggunakan air 150 ml. Saya menggunakan 270 ml air untuk menghasilkan adonan yang kalis. Atau bisa disesuaikan kadar air yang diperlukan. Bagi yang berminat mencoba saya sertakan resepnya ya..

Gluten Daging Vegetarian
Source. dentistvschef dan monicsimplekitchen 

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi/cakra
1 sdt garam 
270 ml air
1 sdm minyak canola

Cara membuat:
  1. Campur terigu, garam dan air uleni sampai kalis.
  2. Tambahkan minyak uleni lagi sampai adonan rata dan diamkan 30 menit biar adinan setting dengan ditutup serbet atau piring.
  3. Cuci adonan untuk melarutkan patinya sambil dipijat dibawah aliran air yang kecil hingga air pembilasnya bening dan didapatkan adonan gluten yang kuning seperti karet.

  4. Angkat gluten dan pindahkan di wadah yang kering, diamkan selama 30 menit (saya sekitar 1 jam)
  5. Campur gluten dengan bumbu untuk menambahkan rasa.
  6. Bentuk bulat kecil untuk membuat bakso dan bulatan besar untuk membuat daging vegetarian.
  7. Didihkan air, lalu kecilkan api. Masukkan bakso gluten dan masak kurang lebih 1-3 jam dengan air yang tidak mendidih. Angkat dan siap diolah.
Selamat mencoba *-*

Sumber Gluten dari femina.co.id dan wikipedia 

Jumat, 10 April 2015

Fresh Strawberry Bread

I LOVE STRAWBERRY VERY MUCH....
Memakan strawberry langsung, di buat selai, jus strawberry, puding, cake, dan sekarang saya mau membuat roti dengan strawbeery yang segar. Roti yang empuk dipadu dengan strawberry yang segar sebagai menu sarapan atau pun ngeteh sore enak juga. 

Saya sudah lama menemukan resepnya dari daily delicious. Dengan bahan yang mudah dan murah. Bagi anda yang tidak punya mixer untuk membuat roti seperti saya, tidak masalah kalau sedikit mengeluarkan tenaga untuk menguleni roti sampai kalis dan menghasilkan roti yang kita inginkan. Itung-itung olahraga tangan, tidak setiap hari juga kita berjibaku dengan adonan roti. Yang penting hasilnya memuaskan.

Yuk kita lihat resepnya...

Fresh Strawberry Bread

Ingredient :
Bread
345 gram all purpose flour
45 gram granulated sugar
1 stp salt
2 tsp instant yeast
110 gram water
70 gram milk
40 gram unsalted butter 
1 egg

Filling
250 gram strawberries, hulled and cut pieces
70 gram granulated sugar
2 tbsp corn starch

Icing
Icing sugar
Water

How to Make
  1. Filling. Mix the strawberry pieces with sugar and corn starch. Put in the freezer 1-2 hours before using.



  2. Mix the flour with sugar and yeast. Put the salt into the bowl and whisk to combine.

  3. Mix the water, milk and egg together, then pour into the bowl.
  4. Mix with a spatula until moist.

  5. Pour into the work surface and knead until smooth
  6. Mix ini the butter, knead until smooth.
  7. Place the dough into a bowl (brush it with butter). Cover with damp tea towel. Let the dough rise for 1 hour.

  8. When the dough rise until double in size. Line 20x20 cm square pan with baking paper remove from the bowl and roll into rectangular shape. Place the filling on top of the dough. Roll into cylinder then cut into pieces.



  9. Place the dough into the prepared pan. Cover with damp tea towel. Let the dough rise until double in size 2 hours. Bake in preheated 180'C oven for 30 minutes or until golden brown. Let the bread cool to room temperature. Drizzle over the bread and let the icing sugar set.


Maaf tidak saya translate takut salah.

Selamat mencoba *-*

Kamis, 09 April 2015

Oseng-oseng Kikil


Resep Oseng-oseng Kikil
Source. Sajian Sedap

Bahan :
300 gram kikil
1.000 ml air untuk merebus kikil
3 buah cabe hijau besar
3 siung bawang putih diiris tipis
4 butir bawang merah diiris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
3 lembar daun jeruk
1 batang serai diambil putihnya
2 cm jahe dimemarkan
2 buah tomat hijau dipotong-potong
3/4 sdt garam
1 sdm kecap manis
1/2 sdt merica hitam
3/4 sdt gula pasir
200 ml air
1 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:
  1. Rebus kikil bersama dengan 1/2 sdt garam, serai, daun salam dan jahe ke dalam 1.000 ml air sampai matang dan empuk. Buang airnya. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, serai, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan daun salam sampai harum. Masukkan tomat hijau, aduk sampai layu.
  3. Tambahkan kikil dan cabai hijau aduk rata. Masukkan air, kecap, garam, merica dan gula pasir aduk sampai rata. Masak sampai matang dan meresap bumbunya. Angkat. Sajikan
Selamat mencoba *-*

Senin, 06 April 2015

Pumpkin Caramel

Ini pertama kalinya membuat sesuatu dengan labu kuning. Biasanya di Indonesia labu kuning dimasak sebagai hidangan untuk buka puasa, dibuat sebagai kolak. Di luar negeri labu sering identik dengan Halloween. Labu kuning juga sering dibuat pie/tart, puding, soup dan masih banyak lagi. Sekarang saya membuat labu kuning dengan dibuat puding. Resepnya asal cemplung. Rasanya lumer dimulut. Yummyyyy......


Resep Pumpkin Caramel
By. Rismayanti Megawati

Bahan:
300 gram pumpkin yang sudah dihaluskan
5 butir telur ukuran besar
1 kaleng susu kental manis
2 kaleng air
1 sdt vanilla extract
1/4 sdt garam
200 gram gula pasir

Cara membuat:
  1. Caramel. Masak gula pasir di atas wajan dengan api kecil. Biarkan gula menjadi larut dan coklat keemasan. Aduk dengan sendok kayu sampai larut merata. Setelah jadi caramel, tuangkan dalam loyang atau wadah untuk membakar puding. Sisihkan.


  2. Dalam wadah sedang masukkan susu kental manis, telur, vanilla extract dan garam kocok hingga rata tidak perlu mengembang. 



  3. Masukkan pumpkin yang telah dihaluskan dan air aduk hingga rata. Saring adonan agar yang menggumpal bisa tersaring.

  4. Tuang dalam wadah berisi karamel. Bake Steam dengan suhu 160 'C kurang lebih 120 menit atau tergantung oven masing-masing hingga matang. Tanda puding tersebut matang apabila ditusuk dengan pisau maka pisau tersebut akan bersih jika dikeluarkan. Atau bisa dipegang sudah set atau belum.


  5. Angkat. Biarkan dingin. Sajikan.
Selamat Mencoba *-*