Senin, 06 April 2015

Pumpkin Caramel

Ini pertama kalinya membuat sesuatu dengan labu kuning. Biasanya di Indonesia labu kuning dimasak sebagai hidangan untuk buka puasa, dibuat sebagai kolak. Di luar negeri labu sering identik dengan Halloween. Labu kuning juga sering dibuat pie/tart, puding, soup dan masih banyak lagi. Sekarang saya membuat labu kuning dengan dibuat puding. Resepnya asal cemplung. Rasanya lumer dimulut. Yummyyyy......


Resep Pumpkin Caramel
By. Rismayanti Megawati

Bahan:
300 gram pumpkin yang sudah dihaluskan
5 butir telur ukuran besar
1 kaleng susu kental manis
2 kaleng air
1 sdt vanilla extract
1/4 sdt garam
200 gram gula pasir

Cara membuat:
  1. Caramel. Masak gula pasir di atas wajan dengan api kecil. Biarkan gula menjadi larut dan coklat keemasan. Aduk dengan sendok kayu sampai larut merata. Setelah jadi caramel, tuangkan dalam loyang atau wadah untuk membakar puding. Sisihkan.


  2. Dalam wadah sedang masukkan susu kental manis, telur, vanilla extract dan garam kocok hingga rata tidak perlu mengembang. 



  3. Masukkan pumpkin yang telah dihaluskan dan air aduk hingga rata. Saring adonan agar yang menggumpal bisa tersaring.

  4. Tuang dalam wadah berisi karamel. Bake Steam dengan suhu 160 'C kurang lebih 120 menit atau tergantung oven masing-masing hingga matang. Tanda puding tersebut matang apabila ditusuk dengan pisau maka pisau tersebut akan bersih jika dikeluarkan. Atau bisa dipegang sudah set atau belum.


  5. Angkat. Biarkan dingin. Sajikan.
Selamat Mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar