Kamis, 30 April 2015

Kue Mangkok Ubi Ungu

Alhamdulillah, bulan ini saya panen ubi. Hasilnya banyak banget meski udah dikasih ke tetangga. Sudah saya kukus, dibuat obi, sebagai bahan membuat bumbu lotek. Tapi tetap saja masih buanyaakkk... Akhirnya, saya kepikiran untuk membuat kue mangkok. Apalagi pake ubi ungu kayaknya bakal cantik hasilnya.

Disela-sela membuat pesanan dan masak untuk sarapan. Saya coba mengumpulkan bahan, mulai dari ubi yang saya kukus bersamaan dengan kelapa untuk klepon. Menimbang dua adonan sekaligus, satu untuk klepon dan satunya untuk kue mangkok. Rempong sih ngerjainnya, tapi hasilnya luar biasa keringatan..

Pas mencampur adonan campur tepung yang sudah aduk dengan ragi dan ubi ungu yang sudah dihaluskan, eh hasilnya kok nggak ungu ya,malah agak keabu-abuan, aneh deh. Semua bayangan jadi kabur deh, setelah lihat penampakannya kue mangkok mekar cantik dengan warna abu. Ada yang tahu kenapa kue mangkok ubi saya berubah warna teman-teman? Kalau ada yang tahu ditunggu jawabannya, ya.

Oke deh, kita sekarang beralih keresep. Resepnya saya menggunakan yang dari Mbak Rina Audies. Hanya diganti dengan ubi ungu saja. Oh ya, untuk menghasilkan kue mangkok yang merekah/mekrok, saya selalu menggunakan api besar sehingga dandang benar-benar berembun banyak. Adonan kalau bisa satu kali pengukusan tidak menunggu dulu, jadi ragi masih aktif. Setahu pengalaman pertama saya waktu itu saya mengukus adonan tiga kloter. Kloter yang terakhir kurang begitu ketawa ngakak mereka hanya senyum doang tidak seperti kloter pertama ketawa cantik. jadi itu kesimpulan saya, adonan jangan terlalu lama didiamkan. Kalau ada pengalaman lain dari teman-teman boleh share di sini ya. Cetakannya nggap perlu dikasih minyak.

Sekarang yuk kita buat kue mangkok ini.

Kue mangkok Ubi Ungu

Bahan Biang :
100 gram terigu serbaguna
1 sdm ragi
150 ml air hangat

Bahan Utama:
100 gram tepung beras
100 gram terigu serbaguna
1 sdm baking powder
100 gram ubi ungu, haluskan
250 ml santan sedang/air/susu cair
200-300 gram gula pasir

Cara membuat:
  1. Biang. Campur semua bahan aduk rata. Diamkan ditempat hangat hingga mengembang kurang lebih 20 menit.
  2. Dalam wadah lain campur terigu, tepung beras dan baking powder, aduk rata.
  3. Masukkan ubi ungu halus, remas-remas dengan menggunakan tangan sampai rata. Tuang santan dan uleni menggunakan tangan.
  4. Masukkan biang uleni dengan tangan juga sampai tercampur rata. Adonan akan menjadi kental tapi mudah dituang dengan menggunakan sendok.
  5. Masukkan gula pasir dalam tiga tahap uleni rata.
  6. Panaskan kukusan sampai beruap banyak dengan api besar dan tutup kukusan di lapis serbet agar air tidak menetes pada adonan. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai penuh. Masukkan ke dalam kukusan. Beri jarak diantaranya dan kukus 15 menit atau sampai benar-benar matang. Angkat.
Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar