Senin, 16 Juni 2014

Sus Kering

Resep susnya saya lihat dari sajiansedap.com, kalau disana itu sus kering isi coklat. Kebetulan DCCnya habis jadi polos gini deh. Tapi rasanya tetep enak kok, kriuk kriuk pas buat cemilan keluarga.






Bahan :
100 gram margarin
250 ml air
1/2 sdt garam
125 terigu
3 butir telur
1 sdt baking powder

Cara membuat :
  1. Rebus air, margarin, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api. Masukkan terigu aduk rata. Nyalakan api aduk sampai kalis. Dinginkan.
  2. Setelah dingin masukkan telur satu persatu kocok hingga rata.
  3. Masukkan dalam kantung plastik segitiga. Semprotkan dengan spuit kerang sedang di loyang yang sudah dioles dengan margarin.
  4. Oven kurang lebih 20 menit di suhu 200"C, lalu turunkan suhu 140-150'C kurang lebih 20 menit sampai kering. 

Sumber. Sajian sedap

Sabtu, 14 Juni 2014

Chiffon Coklat Pisang


Membuat chiffon cake bukan pertama kalinya buat saya, tapi mungkin ini chiffon pertama saya yang bisa dibilang mendekati berhasil. Chiffon Coklat pisang ini saya lihat dari dapur manisnya Mbak Rina Audie. Kebetulan di rumah ada stok pisang ambon yang nganggur lumayan banyak, lebih baik dieksekusi saja daripada nantinya dibuang, sayangkan.. Diresepnya Mbak Rina menggunakan 3 telur, saya resepnya 2 kalinya Mbak Rina dengan loyang ukuran 22x7cm. Maafnya dimodif dikit nyesuaiin dengan bahan yang ada.

Oh iya, membuat chiffon yang ini bener-bener degdegan banget... Gini lho. Pas manasin oven dan saya lagi menuangkan mencampur adonan eh kok ada suara blep blep blep pas di lihat kompornya kehabisan gas, padahal adonan sudah dituang dalam loyang. Ibuku akhirnya lari ke warung untuk beli gas (nggak lari juga sih, lebay). Gasnya ada tapi yang masangin gasnya nggak ada (hihi saya sendiri nggak bisa pasang gas, nggak berani masangnya takut meledak... amit-amit deh). Ibu nyari Bu Ajat yang suka ngebantu ibu kalau masangin gas, ternyata beliau sedang mengantar kerabatnya ke rumah sakit karena pendarahan. Wah, tambah bingung. Bingung kalau adonannya nggak bisa nunggu lama, jadi takutnya nanti bantat.... Setelah beberapa menit Ibu minta tolong tetangga, berhasil? Nggak juga, Pak akung unyek-unyek (aduh bahasanya) masang gas tapi suara gas keluar terdengar berkali-kali, dicoba lagi akhirnya setelah hampir satu jam gas bisa digunakan... Tanpa pikir panjang langsung adonan saya masukkan dalam oven dan pasrah mau jadi apa nggak, sudahlah yang penting adonan mateng... Tapi alhamdulillah chiffon cake mateng dan berhasil mengembang nggak bantet, ya hanya penampakan atasnya kurang mulus... Nggak apa-apa deh lain kali saya coba lagi dengan menggunakan chiffon, semoga kesampaian beli loyang chiffon, amien!





Bahan :
6 putih telur
1/2 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
150 gram gula kastor 
150 gram terigu
4 sdm coklat bubuk
1 1/2 sdt baking powder
1 sdt soda kue
200 gram pisang ambon matang haluskan
6 kuning telur
100 ml susu cair
100 gram minyak goreng

Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 160'C. Siapkan loyang chiffon tanpa oles margarin. (Saya menggunakan loyang biasa)
  2. Kocok putih telur, air jeruk lemon, dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula sedikit demi sedikit atau dalam 3 tahap kocok hingga soft peak.
  3. Campurkan susu cair dan minyak goreng
  4. Dalam wadah lain campurkan terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder ayak dan aduk rata. Masukkan pisang aduk rata. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dituangkan juga campuran susu cair dan minyak goreng aduk rata tidak perlu lama-lama.
  5. Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan campuran terigu aduk balik hingga rata. Masukkan lagi 1/3 adonan putih telur aduk rata. Terakhir masukkan sisa putih telur aduk sampai homogen.
  6. Tuang ke dalam loyang. Panggang kurang lebih 60-90 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven
  7. Segera telungkupkan loyang dengan kaki loyang chiffon. Jika loyang chiffon tidak punya kaki sangga dengan botol pada bagian yang berlubang. Apabila tidak punya loyang chiffon seperti saya biarkan chiffon cake hingga dingin dalam loyang. Biarkan dingin. Kemudian keluarkan dari loyang. 

Selamat mencoba ^-^

Kamis, 12 Juni 2014

Sus Coklat Capuccino

 Campuran terigu, baking powder dan coklat bubuk
 air, margarin, gula dan garam
 Campuran air dan terigu
 Spuitan adonan sus
Fresh from the oven

Bahan :
200 ml air
125 mentega/margarin
1/4 sdt garam
2 sdm gula pasir
140 gram terigu protein tinggi
15 gram coklat bubuk
1/4 sdt baking powder
3 butir telur

Vla Capucino :
300 ml fresh milk
85 gram gula pasir
75 gram maizena
 3 butir kuning telur
1/2 sdt vanilli pasta
1 sachet capucino

Cara membuat :
  1. Kulit Sus : rebus margarin, air, garam dan gula pasir sampai larut dan mendidih. Matikan api.
  2. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan cokelat bubuk. Aduk rata. Nyalakan api kecil. Aduk sampai kalis. Angkat. Biarkan dingin.
  3. Masukkan telur sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  4. Semprot dengan spuit di atas loyang yang sudah dioles dengan margarin sesuai selera.
  5. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius 15 menit sampai matang.
  6. Vla Capucino : Rebus fresh milk dan gula sampai larut dan mendidih. Masukkan capucino, kuning telur, dan vanilli aduk rata. Masukkan tepung maizena aduk sampai matang dan kental.
  7. Ambil kulit sus isi dengan vla capucino. Sajikan dengan teh hangat.
Maaf photonya polos banget..

Selamat mencoba ^-^

Siomay Ayam Goreng

Siomay goreng maupun yang kukus merupakan jajanan kesukaan waktu kecil sampai sekarang. Nggak pernah bosen apalagi dengan rasa ikannya yang gurih, siomay gorengnya yang kriuk dan bumbunya yang nikmat... Untuk buat siomay udah kesekian kalinya, tapi untuk  dapat siomay yang empuk baru kali ini deh. Kemarin searching resep siomay yang empuk eh berlabuh di blognya mbak Diah Didi di sana di kasih tahu untuk mengepukkan siomay biar nggak alot itu pakai labu siam. Setelah saya coba hari ini ternyata bener lho siomaynya empuk. Ibu yang udah nggak bisa makan-makanan yang agak keras dikit bilang wah tumben siomaynya nggak kayak karet. Hihihi..Alhamdulillah Ibu suka dan langsung ngebungkus buat Bi Ani kebetulan hari ini Ibu mau ke rumah Bi Ani.
Siomay yang saya buat ini sayangnya bukan siomay ikan. Kebetulan stok ikan di kulkas abis. Hanya ada sedikit udang. Lain kali deh buat siomay ikannya. Resepnya saya lihat dari Mbak Diah Didi tapi saya sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah aja ya..

Bahan :
250 gram daging ayam tanpa tulang haluskan
 50 gram udang haluskan
175 gram tepung tapioka/sagu
150 gram labu siam (waluh dalam bahasa sunda)
2 butir telur
2 siung bawang putih haluskan
1 sendok teh garam
1 1/2 sendok teh penyedap
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt merica
Kulit pangsit


Cara membuat:
Campur semua bahan kecuali Tepung tapioka ke dalam blender haluskan semua bahan. Tambahkan tepung tapioka aduk rata. Jangan diuleni lagi. Siapkan kulit pangsit goreng secukupnya. Ambil kulit pangsit, isi dengan siomay secukupnya, bentuk sesuai selera. Goreng dengan api sedang hingga matang dan kuning kcoklatan. Lakukan sampai semua adonan habis.

Sambal kacang
Bahan :
200 gram kacang tanah sangrai
3 sdm gula merah
5 buah cabai merah
3 siung bawang putih goreng
2 sdt garam
2 buah kencur
1 buah asam jawa
2 lembar daun jeruk nipis
700 ml air

Pelengkap :
Jeruk nipis
Kecap manis
Bawang goreng
Sambal botolan

Cara Membuat:
  1. Campur kacang tanah sangrai, air, gula merah, cabai merah, bawang putih, garam, dan kencur blender hingga halus. 
  2. Masukkan asam jawa dan daun jeruk nipis. Aduk rata. Masak sampai kental dan keluar minyaknya.
  3. Sambal kacang siap digunakan. Siapkan dengan pelengkap
 
 Selamat mencoba ^-^

Rabu, 11 Juni 2014

Tips Mengeringkan Cabe

 Harga cabe merah setiap harinya semakin naik. Apalagi mendekati bulan Ramadhan dan Lebaran harga-harga pada naik, bukan hanya cabe tapi juga bahan pokok yang lainnya. Harga disetiap pedagang itu berbeda. Perbedaannya sungguh jauh, pedagang yang satu menjual 1 kg seharga Rp. 18.000, pedagang yang satunya mahal hampir mencapai Rp. 30.000.. Sekarang saja harga udah gawat padahal puasa masih sekitar dua minggu lagi. Untuk mensiasati naiknya harga cabe nanti, saya membeli cabe sekarang dengan porsi lumayan banyak lalu mengeringkannya untuk keperluan bulan puasa dan lebaran biar tidak busuk. Kebetulan keluarga dari Jakarta banyak yang memasak suka memakai cabai. Lumayan buat mengirit...
Caranya rebus cabe merah yang masih segar sampai airnya mendidih. Matikan api. Diamkan beberapa menit hingga terlihat agak sedikit layu. Lalu saring airnya biarkan dingin. Belah cabe merah yang sudah layu tapi jangan sampai putus, lebarkan simpan di ayakan. Keringkan di terik matahari 2 sampai 3 hari tergantung cuaca. Cabai merah kering bisa disimpan di plastik bersih dan siap digunakan sewaktu-waktu. 
Kalau mau menggunakan tinggal ambil cabai yang diperlukan diamkan dalam air panas beberapa menit dan cabai siap digunakan untuk memasak..

Kalau ada tips lain untuk mengawetkan bahan pokok boleh sharing ya... Ditunggu... ^-^

Selamat mencoba ...

Palmiers

Palmiers Heart atau French Heart sering kita jumpai di toko-toko dalam kemasan dus ini ternyata dalam pembuatannya bisa dibilang simple. Hanya membutuhkan puff pastry yang sudah jadi atau kita bisa buat sendiri, gula, dan kayumanis. Gula pasir dan kayumanis campur tinggal ditaburi di atas puff pastry giling lipat sisi-sisinya taburi gula dan kayumanis giling lagi begitu seterusnya.. Lebih mudah menggunakan puff pastry yang siap pakai jadi bisa menghemat tenaga...

Tapi hasil palmiernya belum secantik yang ada dalam kemasan itu. Untuk rasa udah pas, cuman yang saya buat ini kurang tabur gulanya. Bagi yang suka manis, setiap melipat bisa di perbanyak taburan gula dan kayumanisnya biar terasa lebih maknyuuusss...

 Campuran terigu, gula, garam dan telur

 Adonan yang sudah tercampur kecuali korvest

 Adonan yang keluar dari lemari es

 Margarin pastry /korvest

 Margarin yang diletakkan di tengah adonan




Ini resepnya saya lihat dari Tabloid Nova Adonan Dasar Puff Pastry :
 Bahan:
500 gram terigu
10 gram gula pasir
15 gram garam
50 gram telur 
250 cc air es
50 gram margarin
250 korsvet

Cara Membuat :
  1. Campur terigu, gula dan garam. Masukkan telur. Tambahakan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni. Masukkan margarin uleni adonan tapi tidak sampai kalis. Busngkus plastik wrap. Diamkan dalam lemari es kurang lebih 15 menit.
  2. Giling adonan taruh patry margarin/korsvet dibagian tengah. Lipat seperti amplop. Giling setebal 1/2 cm.
  3. Lipat adonan dari satu sisi menutupi 2/3 lembaran, lipat 1/3 bagian sisa menutupi 1/3 bagian sisa menutupi sisi sebelahnya. Giling lagi stebal 1/2 cm simpan di lemari es selama 10 menit. Lakukan hingga 3 kali. Keluarkan dari lemari es giling setebal 1/2 cm. Adonan siap dibentuk.
 Palmiers
Cara membuat palmiersnya saya lihat dari video jug
 

Adonan puff pastry

 




Bahan :
Puff pastry siap pakai
100 gram gula pasir
1 sendok teh kayumanis
 
Cara Membuat:
  1. Giling puff pastry dengan ditaburi gula bagian atas dan bagian bawah.
  2. Lipat kedua sisinya yang bersebrangan dengan ukuran yang sama. Taburi gula lalu giling adonan.
  3. Lakukan lipatan kedalam lagi di antara kedua sisinya. Taburi gula lalu giling adonan. Lakukan hingga kedua sisinya bertemu di tengah. Kemudian satukan lipatan tadi.
  4. Potong puff dengan ukuran 1 cm. Simpan dalam kulkas kurang lebih 10 menit,
  5. Tata dalam loyang tanpa oles margarin atau bisa dialasi dengan kertas roti. Tata palmiers dengan memberi jarak satu sama lain karena puff akan mengembang/melebar.
  6. Bakar dengan suhu 180'C kurang lebih 15 menit atau sampai terlihat kecoklatan.
  7. Angkat langsung pindahkan dari loyang ke atas piring saji.

Selamat mencoba ^-^

Minggu, 01 Juni 2014

Cilok (Aci Dicolok)


Kangen banget dengan jajanan yang satu ini. Kebetulan Aa dan keluarga mau datang dari Jakarta ke Garut. Aa seneng banget makanan yang berbahan aci (cilok, baso aci, cireng dll). Waktu di sms mau dibuatin cilok nggak, aa langsung bilang iya... Agak-agak ragu sih pas udah jadinya, takut terlalu alot ciloknya. Soalnya ini pertama kalinya saya membuat cilok, dulu sih saya hanya tinggal beli dan hap makan sebanyak-banyaknya. Tapi alhamdulillah Nenek, Bi Ani nyoba ciloknya katanya ciloknya enak.. Malah Bi Ani bilang, berapa neng satunya. Saya nggak tahu maksudnya apa. Bibi ngambil wadah dan di bawa ke murid-muridnya yang lagi les. Nggak lama Bibi ngasih uang katanya laris manis abis dibeli murid-muridnya, malah mereka nanya sama Bibi "masih ada lagi nggak Bu?". Akhirnya Bibi ngambil lagi alhamdulillah abis juga... Makasih ya Bi Ani hari itu jadinya saya dapat penghasilan dari hasil jualan cilok dadakan.... Hehehe..

Ini resepnya. Saya ambil dari resepnya Mbak Ricke 'Bunda Nadifa' Ordinary Kitchen. Makasih ya Bunda dari resepnya Bunda saya dapat rejeki...

 Adonan cilok

 Saya pakai keju cheddar

 Adonan cilok yang sudah di isi

Cilok yang sudah masak dalam kukusan

Bahan :
200 gram tepung sagu tani atau tapioka (aci)
200 gram terigu protein sedang
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk 
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
400 ml air atau air kaldu
2 batang daun bawang, iris halus

Isi sesuai selera, atau tanpa isi (saya menggunakan keju cheddar)

Air di panci untuk merebus cilok

Cara membuat:
  1. Campurkan tepung sagu/tapioka dan terigu. Tambahkan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Campurkan air, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
  3. Panas-panas tuangkan air rebusan tadi bertahap ke dalam campuran tepung, sambil diaduk rata menggunakan sendok kayu . Bila dirasa adonan sudah kalis dan bisa dipulung dan air masih bersisa, hentikan penambahan air.
  4. Biarkan sampai agak hangat. Ambil sedikit adonan, beri isi dan bulatkan sebesar bakso (sesuai selera). Lakukan hingga adonan habis.
  5. Didihkan air yang banyak dalam panci, rebus cilok hingga mengambang dan biarkan sekitar 10-15 menit mengambang. Angkat. Kemudian kukus cilok hingga empuk dan matang.


Bumbu saus kacang:
100 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan
3 siung bawang putih utuh, goreng sebentar
5 buah cabai merah (boleh tambah dengan cabe rawit)
2 lembar daun jeruk
Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya 
500 ml air
Perasan air jeruk nipis/lemon (bila suka)

Pelengkap: Saus sambal botolan dan kecap manis

Cara membuat:
Campur kacang tanah halus, bawang putih, cabai merah dan air. Blender hingga bumbu halus merata. Tambahkan daun jeruk dan masak di atas api sampai mendidih, mengental dan keluar minyaknya. Beri garam, merica bubuk dan gula pasir. Cicipi. Beri sedikit perasan air jeruk nipis/lemon. Angkat.