Sabtu, 14 Juni 2014

Chiffon Coklat Pisang


Membuat chiffon cake bukan pertama kalinya buat saya, tapi mungkin ini chiffon pertama saya yang bisa dibilang mendekati berhasil. Chiffon Coklat pisang ini saya lihat dari dapur manisnya Mbak Rina Audie. Kebetulan di rumah ada stok pisang ambon yang nganggur lumayan banyak, lebih baik dieksekusi saja daripada nantinya dibuang, sayangkan.. Diresepnya Mbak Rina menggunakan 3 telur, saya resepnya 2 kalinya Mbak Rina dengan loyang ukuran 22x7cm. Maafnya dimodif dikit nyesuaiin dengan bahan yang ada.

Oh iya, membuat chiffon yang ini bener-bener degdegan banget... Gini lho. Pas manasin oven dan saya lagi menuangkan mencampur adonan eh kok ada suara blep blep blep pas di lihat kompornya kehabisan gas, padahal adonan sudah dituang dalam loyang. Ibuku akhirnya lari ke warung untuk beli gas (nggak lari juga sih, lebay). Gasnya ada tapi yang masangin gasnya nggak ada (hihi saya sendiri nggak bisa pasang gas, nggak berani masangnya takut meledak... amit-amit deh). Ibu nyari Bu Ajat yang suka ngebantu ibu kalau masangin gas, ternyata beliau sedang mengantar kerabatnya ke rumah sakit karena pendarahan. Wah, tambah bingung. Bingung kalau adonannya nggak bisa nunggu lama, jadi takutnya nanti bantat.... Setelah beberapa menit Ibu minta tolong tetangga, berhasil? Nggak juga, Pak akung unyek-unyek (aduh bahasanya) masang gas tapi suara gas keluar terdengar berkali-kali, dicoba lagi akhirnya setelah hampir satu jam gas bisa digunakan... Tanpa pikir panjang langsung adonan saya masukkan dalam oven dan pasrah mau jadi apa nggak, sudahlah yang penting adonan mateng... Tapi alhamdulillah chiffon cake mateng dan berhasil mengembang nggak bantet, ya hanya penampakan atasnya kurang mulus... Nggak apa-apa deh lain kali saya coba lagi dengan menggunakan chiffon, semoga kesampaian beli loyang chiffon, amien!





Bahan :
6 putih telur
1/2 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
150 gram gula kastor 
150 gram terigu
4 sdm coklat bubuk
1 1/2 sdt baking powder
1 sdt soda kue
200 gram pisang ambon matang haluskan
6 kuning telur
100 ml susu cair
100 gram minyak goreng

Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 160'C. Siapkan loyang chiffon tanpa oles margarin. (Saya menggunakan loyang biasa)
  2. Kocok putih telur, air jeruk lemon, dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula sedikit demi sedikit atau dalam 3 tahap kocok hingga soft peak.
  3. Campurkan susu cair dan minyak goreng
  4. Dalam wadah lain campurkan terigu, coklat bubuk, baking soda, dan baking powder ayak dan aduk rata. Masukkan pisang aduk rata. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dituangkan juga campuran susu cair dan minyak goreng aduk rata tidak perlu lama-lama.
  5. Masukkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan campuran terigu aduk balik hingga rata. Masukkan lagi 1/3 adonan putih telur aduk rata. Terakhir masukkan sisa putih telur aduk sampai homogen.
  6. Tuang ke dalam loyang. Panggang kurang lebih 60-90 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven
  7. Segera telungkupkan loyang dengan kaki loyang chiffon. Jika loyang chiffon tidak punya kaki sangga dengan botol pada bagian yang berlubang. Apabila tidak punya loyang chiffon seperti saya biarkan chiffon cake hingga dingin dalam loyang. Biarkan dingin. Kemudian keluarkan dari loyang. 

Selamat mencoba ^-^

1 komentar:

  1. lah cakep nih chiffonnya meski pake loyang bulat biasa. Ketika dibalik bagian tengahnya nggak patah kan ? Dulu pernah sih nyobain chiffon pake loyang persegi, ketika dibalik bagian tengahnya patah.
    Setelah bisa bikin chiffon terasa gampang kan ?

    BalasHapus