Minggu, 01 Juni 2014

Cilok (Aci Dicolok)


Kangen banget dengan jajanan yang satu ini. Kebetulan Aa dan keluarga mau datang dari Jakarta ke Garut. Aa seneng banget makanan yang berbahan aci (cilok, baso aci, cireng dll). Waktu di sms mau dibuatin cilok nggak, aa langsung bilang iya... Agak-agak ragu sih pas udah jadinya, takut terlalu alot ciloknya. Soalnya ini pertama kalinya saya membuat cilok, dulu sih saya hanya tinggal beli dan hap makan sebanyak-banyaknya. Tapi alhamdulillah Nenek, Bi Ani nyoba ciloknya katanya ciloknya enak.. Malah Bi Ani bilang, berapa neng satunya. Saya nggak tahu maksudnya apa. Bibi ngambil wadah dan di bawa ke murid-muridnya yang lagi les. Nggak lama Bibi ngasih uang katanya laris manis abis dibeli murid-muridnya, malah mereka nanya sama Bibi "masih ada lagi nggak Bu?". Akhirnya Bibi ngambil lagi alhamdulillah abis juga... Makasih ya Bi Ani hari itu jadinya saya dapat penghasilan dari hasil jualan cilok dadakan.... Hehehe..

Ini resepnya. Saya ambil dari resepnya Mbak Ricke 'Bunda Nadifa' Ordinary Kitchen. Makasih ya Bunda dari resepnya Bunda saya dapat rejeki...

 Adonan cilok

 Saya pakai keju cheddar

 Adonan cilok yang sudah di isi

Cilok yang sudah masak dalam kukusan

Bahan :
200 gram tepung sagu tani atau tapioka (aci)
200 gram terigu protein sedang
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt kaldu bubuk 
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
400 ml air atau air kaldu
2 batang daun bawang, iris halus

Isi sesuai selera, atau tanpa isi (saya menggunakan keju cheddar)

Air di panci untuk merebus cilok

Cara membuat:
  1. Campurkan tepung sagu/tapioka dan terigu. Tambahkan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Campurkan air, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
  3. Panas-panas tuangkan air rebusan tadi bertahap ke dalam campuran tepung, sambil diaduk rata menggunakan sendok kayu . Bila dirasa adonan sudah kalis dan bisa dipulung dan air masih bersisa, hentikan penambahan air.
  4. Biarkan sampai agak hangat. Ambil sedikit adonan, beri isi dan bulatkan sebesar bakso (sesuai selera). Lakukan hingga adonan habis.
  5. Didihkan air yang banyak dalam panci, rebus cilok hingga mengambang dan biarkan sekitar 10-15 menit mengambang. Angkat. Kemudian kukus cilok hingga empuk dan matang.


Bumbu saus kacang:
100 gram kacang tanah, digoreng, dihaluskan
3 siung bawang putih utuh, goreng sebentar
5 buah cabai merah (boleh tambah dengan cabe rawit)
2 lembar daun jeruk
Garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya 
500 ml air
Perasan air jeruk nipis/lemon (bila suka)

Pelengkap: Saus sambal botolan dan kecap manis

Cara membuat:
Campur kacang tanah halus, bawang putih, cabai merah dan air. Blender hingga bumbu halus merata. Tambahkan daun jeruk dan masak di atas api sampai mendidih, mengental dan keluar minyaknya. Beri garam, merica bubuk dan gula pasir. Cicipi. Beri sedikit perasan air jeruk nipis/lemon. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar