Minggu, 30 November 2014

Kue Putu Ayu


Hari ini rencana bikin putu ayu. Bahan-bahan sudah saya kumpulkan di meja, sekalian saya timbang. Pas mau ngeluarin mixer dari lemari, lampu mendadak mati. Ya ampun... mana telur udah saya pecah dan saya satukan dengan gula, kalau nunggu lampu nyala takutnya berpengaruh dengan telur tersebut. Akhirnya, saya nekad mengocok dengan mesin tangan alias manual. Segera saya ambil whisk dan mulai acara kocok mengocok. Hampir 10 menit saya mengocok telur dan gula tersebut biar jadi satu. Saya tak tahu apakah hasil kocokan barusan sudah mengembang apa blom. Yang saya tahu tangan saya yang semakin mengembang. Phhiiuuh...  

Tahap membuat adonan sudah selesai. Tinggal pengukusan. Ini membuat saya deg degan, bakal jadi nggak ya putu ayunya. Bismillah saya letakan cetakan putu ayu di dandang dan berharap putu ayunya bisa mengembang plus khawatir takut jadi bantat. Setelah 15 menit saya lihat, alhamdulillah putu ayunya mengembang cantik. Jadi nggak sia-sia ngocok secara manual..

Sudah cukup saya berceloteh. Putu ayu ini saya lihat dari resepnya Mbak Hesti. Ini resepnya ya...

─Âue Putu Ayu
Bahan :
150 gram terigu
1/2 sdm tepung kanji
2 butir telur
120 gram gula pasir
1/2 sdt garam
100 cc santan pandan 
2 tetes warna hijau
1/3 butir kelapa
1/2 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur kelapa dan garam aduk rata. Kukus 15 menit. Sisihkan. Setelah agak dingin ambil kelapa sedikit dan padatkan pada cetakan.
  2. Kocok telur, gula dan garam sampai mengembang seperti jambul petruk. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan terigu dan tepung kanji sambil perlahan terus dimixer hingga rata. Masukkan santan dan pewarna aduk hingga rata.
  3. Tuang dalam cetakan sampai hampir penuh. Kukus kurang lebih 15 menit dengan api sedang hingga matang.
  4. Angkat. Hilangkan uap panasnya dan lepaskan dari cetskan. Siap disantap. Yummm
Selamat mencoba ^-^

Sabtu, 29 November 2014

Baso Aci

Membuat baso aci dan cilok saya sudah cocok dengan resepnya cilok Teh Ricke Indriani perbandingan 1:1. Alhamdulillah responnya positif baik dari keluarga maupun murid-murid Bibiku yang suka les di rumah. Resepnya saya udah ubah sesuai keperluan.

Cilok (Aci dicolok)

Bahan :
250 gram terigu
250 gram tepung tapioka/kanji/sagu
500 ml air
2 siung bawang putih halus
1 sdt garam
1 sdm kaldu bubuk
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang
1/2 panci air untuk merebus

Bahan Isi:
2 buah telur kocok beri garam sedikit lalu dadar. Angkat. Kemudian potong-potong kecil.
Tumisan daging

Kuah :
700 ml air/air kaldu
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdn garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
3 lembar seledri iris halus
2 lembar daun bawang iris halus

Cara membuat :
  1. Campur terigu, tepung tapioka/kanji/sagu, dan daun bawang. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
  2. Didihkan air, garam, merica, gula, dan bawang putih. Angkat. Tuangkan ke dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan sendok kayu hingga mendapatkan adonan yang bisa dipulung dan tidak lengket. Apabila adonan sudah bisa kita bentuk dan tidak lengket maka hentikan penggunaan air.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan dan beri isi, lalu bulatkan lagi. Lakukan hingga adonan habis. Selagi kita membulatkan, bisa sambil mendidihkan air dalam panci. Apabila air sudah mendidih masukkan baso aci tadi ke dalam panci, masak hingga matang dan mengapung kurang lebih 10 menit. Angkat sisihkan
  4. Kuah. Haluskan bawang putih, dan bawang merah. Didihkan air. Masukkan bawang putih, bawang merah, gula, garam dan merica aduk rata. Cicipi. 
  5. Masukkan baso aci biarkan hingga mengapung. Kemudian masukkan seledri dan daun bawang iris. Angkat. Sajikan bersama saus sambal, saus tomat, saus kacang dan kecap. 
Selamat mencoba ^-^

Senin, 17 November 2014

Smoothies Apel Jeruk


Bahan :
1 buah apel merah potong kotak
1 buah jeruk sunkist potong-potong
100 ml yogurt
2 gelas air es
80 gram susu kental manis

Cara membuat :
Campur semua bahan dalam blender. Blender sampai halu dan tercampur. Smoothies siap dinikmati.

Selamat mencoba ^-^

Bihun Goreng

Bahan :
340 gram bihun
10 butir baso iris tipis
1 buah tomat potong
3 buah pakcoy potong-potong
2 siung bawang putih iris halus
1/2 butir bawang bombay iris halus
100 gram ayam rebus kemudian suir-suir
7 gram kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm saus tiram
2 batang bawang daun iris
7 batang seledri iris 
Kecap manis secukupnya
Minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Seduh bihun dengan air air panas dan tiriskan.
  2. Lumuri bihun dengan kecap manis hingga merata. Sisihkan
  3. Tumis bawang purih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan ayam dan pakcoy tumis hingga pakcoy layu.
  4. Tambahkan bumbu kaldu, gula pasir, merica, garam dan saus tiram, aduk rata.
  5. Masukkan bihun aduk rata sampai tercampur dan matang. Test cicip.
  6. Bihun goreng siap disajikan 
Selamat mencoba ^-^

Minggu, 16 November 2014

Panen Daun Salam


Pohon-pohon di rumah Bi Engkun sudah menghalangi masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Akhirnya nenek memutuskan untuk memangkas dedaunan yang menghalangi rumah. Buah mangga yang masih kecil-kecil berjatuhan, daun salam dan pohon belimbing wuluh di tebang batang-batang yang menghalanginya. Serunya para tetangga pada ngambilin mangga muda dan daun salam sekebawanya mereka (aduh bahasanya campuran). Terus ada sopir angkot sengaja turun dulu untuk mengambil beberapa batang daun-daun salam, katanya buat istrinya di rumah. Kami sendiri kebagian sisanya deh. 


Ini daun salam yang kami coba rapihkan. Kayak kalung bunga ya untuk menyambut tamu, tapi ini persi daun salamnya ya... hihihi

Hasil setelah di rapihkan jadinya 5 runtui daun salam. Lumayan jadi nggak usah beli daun salam.



Salad Buah


Saya doyan makan tapi ada yang salah dengan pencernaan saya. Udah tiga hari ini saya menumpuk kotoran di dalam perut. Mungkin karena saya kurang makanan yang berserat. Akhirnya saya putuskan untuk mengkonsumsi buah-buahan malamnya. Alhamdulillah paginya sisa-sisa makanan yang mengendap terbuang sudah. Mulai sekarang saya usahakan untuk memakan makanan berserat lebih banyak. Karena sakit banget, perut kembung dan keras. Bagi teman-teman yang mengalami masalah sama seperti saya, yuk sekarang usahain makan-makanan buah-buahan dan sayuran. Bisa langsung dimakan atau dibuat berbagai macam olahan. 

Salad Buah

Bahan :
i buah apel merah
1 buah jeruk sunkist
1 buah mangga matang
1 sdm air jeruk lemon
100 ml yogurt

Cara Membuat :
Cuci buah-buahan sampai bersih. Potong buah-buah kecil-kecil kotal. Kemudian campur semua bahan menjadi satu. Salad pun siap di santap.

Selamat Mencoba ^-^

Macaroni Schotel


Macaroni Schotel
by Fatmah Bahalwan
Bahan A:
225 gr     makaroni
2 sdm     minyak goreng

Bahan B:
3 sdm     mentega
1 bh        bawang Bombay, cincang
1 bh        bawang putih, cincang
3 sdm     tepung terigu
350 cc     Susu cair
1 sdt       mustard (saya nggak pake)
½ sdt     pala bubuk
½ sdt     lada bubuk
1 sdt       garam
1 sdt       kaldu bubuk
1 klg      korned beef

Bahan C:
3 btr        telur, kocok lepas
75 gr       keju parut

Bahan D:
5 btr        telur, kocok lepas
400 ml    susu cair tawar
75 gr       keju parut

Cara membuatnya:
1.       Bahan A:
Rebus makaroni hingga mekar, beri sedikit minyak goreng supaya tidak lengket. Angkat tiriskan. Sisihkan.

2.       Bahan B:
Panaskan mentega, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu, masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk rata.

3.       Masukkan garam, merica bubuk, pala bubuk, kaldu bubuk, mustard, dan terakhir korned beef, aduk terus hingga tercampur rata. Masukkan makaroni, aduk rata. Masukkan bahan C, aduk lagi sampai rata. Test cicip.
4.       Tuang kedalam pinggan tahan panas ukuran 20x30x5cm atau yg setara (saya menggunakan Loyang bulat ukuran 22cm).
5.       Bahan D:
Campur telur dan susu, aduk rata. Tuangkan kedalam makaroni yg sudah dipinggan. Taburi dengan keju parut. Panggang dalam oven suhu 180’C selama 45 menit.

6.       Angkat. Biarkan dingin agar shcotel set, lalu bisa dipotong, hidangkan bersama saus sambal dan saus tomat.


Selamat Mencoba ^-^

Hollanda Klapertaart


Dari dulu pingin tahu rasanya klapertaart. Ketika lewat Bogor banyak cafe yang menyediakan klapertaart, terus googling juga banyak yang respon positif dengan rasanya. Makin penasaran deh. Akhirnya kemarin saya usahain buat si klappy ini, resepnya dari Bunda Fatma NCC. Saya jujur suka dengan rasanya. Saudara-saudara saya bilang rasanya enak tapi aneh ya, mungkin rasa klappy ini di lidah saudara-saudara saya masih baru jadi belum bisa nerima. Tapi kenapa lidah saya bisa ya? (Ya itu mah doyan makan). Saya pikir mungkin saya ada yang salah dalam pembuatannya. Nanti saya coba lagi, semoga percobaan selanjutnya mereka jadi suka. Untuk Bunda Fatma makasih resepnya.

Hollanda Klappertaart
By Fatma Bahalwan
Bahan:
1 ltr susu segar
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
50 gr tepung custard
150 gr butter
6 btr kuning telur
4 btr kelapa muda, keruk dagingnya, potong-potong (2 butir kelapa)
100 gr kenari (Saya ganti dengan kacang mede)
1 sdm kayu manis bubuk
Topping:
12 butir putih telur
8 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
kismis (Ganti dengan cherry dipotong kecil-kecil)
kayu manis bubuk
Cara Membuat:
1.       Cairkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan susu secukupnya, sisihkan.
2.       Rebus sisa susu segar, gula pasir dan garam sampai mendidih.
3.       Masukkan larutan tepung kedalam susu sambil diaduk sampai mendidih.
4.       Masukkan butter, aduk rata. Masukkan kelapa muda, kayumanis bubuk, kenari cincang dan kuning telur.
5.       Masukkan ke dalam loyang sampai 1/2 tinggi loyang. Panggang dengan cara au bain marie sampai setengah matang.
6.       Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi sampai kaku. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
7.       Semprotkan keatas adonan setengah matang, taburi kayu manis bubuk dan kismis. Panggang sampai kuning kecoklatan.

     5 porsi

Selamat mencoba ^-^

Sabtu, 08 November 2014

Obsesi Ice Creeam 1.....Mango Ice Cream

 

Ingin rasanya bisa memakan ice cream buatan sendiri. Tapi setelah banyak percobaan mungkin ini yang sedikit mendekati. Tapi belum seperti ice cream yang saya harapkan. Mungkin lain waktu saya akan mencoba lagi dan berharap saya dapatkan ice cream yang saya mau.

Bahan :
150 gram whip cream
250 ml air es
200 gram jus mangga
1 buah mangga matang potong kotak kecil
1/2 kaleng susu kental manis
1/8 sdt garam

Cara membuat :
  1. Campur whip cream dan air es kemudian kocok hingga mengembang. Masukkan ke dalam kulkas.
  2. Campur jus mangga, susu kental manis, dan garam aduk menjadi satu. Kemudian masukkan ke dalam kocokkan whip cream. Kocok rata.
  3. Tuang ke dalam wadah kedap udara dan simpan dalam freezer kurang lebih 1 jam. Kemudian campurkan potongan mangga aduk rata.Masukkan lagi kedalam freezer sampai beku.
  4. Ice cream siap dinikmati. Bisa ditambahkan dengan pelengkap lainnya sesuai selera.
Selamat mencoba ^-^

Smoothies Mangga Seledri


Hari yang panas dan melelahkan setelah seharian menampung air  yang tak menentu datangnya kapan. Sungguh ironis, saya hidup di kota yang di kelilingi pegunungan yang menjulang namun keberadaan air semakin sulit kami dapatkan. Sudah hampir dua bulan kegiatan ini saya, ibu dan nenek lakukan, dengan meminta kebaikan tetangga yang memang lancar dalam penggiliran air. Lelah memang tapi kan kita butuh air dalam hidup. Untuk membersihkan rumah, minum, masak dan lainnya. Sudahlah menulis tentang unek-unek saya ini semoga ke depannya ketika kemarau ini tak akan terjadi lagi.. Amin.

Untuk menghilangkan capek saya membuat smoothie asal cemplung. Smoothie cukup dapat menghilangkan haus dan capek. Resepnya di bawah ya.. 

Bahan :
1 buah mangga matang potong kecil
350 ml air es
40 ml susu kental manis (tambahkan gula atau madu bila kurang manis)
7 batang seledri

Cara membuat :

  1. Pilih mangga yang sudah matang dan manis. Kupas dan potong kecil-kecil. Cuci seledri dan sisihkan.
  2. Campur semua bahan menjadi satu kemudian blender halus.
  3. Tuangkan ke dalam gelas. Siap dinikmati.
Hasil 2 gelas

Selamat mencoba ^-^