Baso Aci

Membuat baso aci dan cilok saya sudah cocok dengan resepnya cilok Teh Ricke Indriani perbandingan 1:1. Alhamdulillah responnya positif baik dari keluarga maupun murid-murid Bibiku yang suka les di rumah. Resepnya saya udah ubah sesuai keperluan.

Cilok (Aci dicolok)

Bahan :
250 gram terigu
250 gram tepung tapioka/kanji/sagu
500 ml air
2 siung bawang putih halus
1 sdt garam
1 sdm kaldu bubuk
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir
1 batang daun bawang
1/2 panci air untuk merebus

Bahan Isi:
2 buah telur kocok beri garam sedikit lalu dadar. Angkat. Kemudian potong-potong kecil.
Tumisan daging

Kuah :
700 ml air/air kaldu
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdn garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt merica bubuk
3 lembar seledri iris halus
2 lembar daun bawang iris halus

Cara membuat :
  1. Campur terigu, tepung tapioka/kanji/sagu, dan daun bawang. Aduk rata menggunakan sendok kayu.
  2. Didihkan air, garam, merica, gula, dan bawang putih. Angkat. Tuangkan ke dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan sendok kayu hingga mendapatkan adonan yang bisa dipulung dan tidak lengket. Apabila adonan sudah bisa kita bentuk dan tidak lengket maka hentikan penggunaan air.
  3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan dan beri isi, lalu bulatkan lagi. Lakukan hingga adonan habis. Selagi kita membulatkan, bisa sambil mendidihkan air dalam panci. Apabila air sudah mendidih masukkan baso aci tadi ke dalam panci, masak hingga matang dan mengapung kurang lebih 10 menit. Angkat sisihkan
  4. Kuah. Haluskan bawang putih, dan bawang merah. Didihkan air. Masukkan bawang putih, bawang merah, gula, garam dan merica aduk rata. Cicipi. 
  5. Masukkan baso aci biarkan hingga mengapung. Kemudian masukkan seledri dan daun bawang iris. Angkat. Sajikan bersama saus sambal, saus tomat, saus kacang dan kecap. 
Selamat mencoba ^-^

Komentar

Postingan Populer