Hollanda Klapertaart


Dari dulu pingin tahu rasanya klapertaart. Ketika lewat Bogor banyak cafe yang menyediakan klapertaart, terus googling juga banyak yang respon positif dengan rasanya. Makin penasaran deh. Akhirnya kemarin saya usahain buat si klappy ini, resepnya dari Bunda Fatma NCC. Saya jujur suka dengan rasanya. Saudara-saudara saya bilang rasanya enak tapi aneh ya, mungkin rasa klappy ini di lidah saudara-saudara saya masih baru jadi belum bisa nerima. Tapi kenapa lidah saya bisa ya? (Ya itu mah doyan makan). Saya pikir mungkin saya ada yang salah dalam pembuatannya. Nanti saya coba lagi, semoga percobaan selanjutnya mereka jadi suka. Untuk Bunda Fatma makasih resepnya.

Hollanda Klappertaart
By Fatma Bahalwan
Bahan:
1 ltr susu segar
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
50 gr tepung custard
150 gr butter
6 btr kuning telur
4 btr kelapa muda, keruk dagingnya, potong-potong (2 butir kelapa)
100 gr kenari (Saya ganti dengan kacang mede)
1 sdm kayu manis bubuk
Topping:
12 butir putih telur
8 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
kismis (Ganti dengan cherry dipotong kecil-kecil)
kayu manis bubuk
Cara Membuat:
1.       Cairkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan susu secukupnya, sisihkan.
2.       Rebus sisa susu segar, gula pasir dan garam sampai mendidih.
3.       Masukkan larutan tepung kedalam susu sambil diaduk sampai mendidih.
4.       Masukkan butter, aduk rata. Masukkan kelapa muda, kayumanis bubuk, kenari cincang dan kuning telur.
5.       Masukkan ke dalam loyang sampai 1/2 tinggi loyang. Panggang dengan cara au bain marie sampai setengah matang.
6.       Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi sampai kaku. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
7.       Semprotkan keatas adonan setengah matang, taburi kayu manis bubuk dan kismis. Panggang sampai kuning kecoklatan.

     5 porsi

Selamat mencoba ^-^

Komentar

Postingan Populer