Rabu, 11 Juni 2014

Tips Mengeringkan Cabe

 Harga cabe merah setiap harinya semakin naik. Apalagi mendekati bulan Ramadhan dan Lebaran harga-harga pada naik, bukan hanya cabe tapi juga bahan pokok yang lainnya. Harga disetiap pedagang itu berbeda. Perbedaannya sungguh jauh, pedagang yang satu menjual 1 kg seharga Rp. 18.000, pedagang yang satunya mahal hampir mencapai Rp. 30.000.. Sekarang saja harga udah gawat padahal puasa masih sekitar dua minggu lagi. Untuk mensiasati naiknya harga cabe nanti, saya membeli cabe sekarang dengan porsi lumayan banyak lalu mengeringkannya untuk keperluan bulan puasa dan lebaran biar tidak busuk. Kebetulan keluarga dari Jakarta banyak yang memasak suka memakai cabai. Lumayan buat mengirit...
Caranya rebus cabe merah yang masih segar sampai airnya mendidih. Matikan api. Diamkan beberapa menit hingga terlihat agak sedikit layu. Lalu saring airnya biarkan dingin. Belah cabe merah yang sudah layu tapi jangan sampai putus, lebarkan simpan di ayakan. Keringkan di terik matahari 2 sampai 3 hari tergantung cuaca. Cabai merah kering bisa disimpan di plastik bersih dan siap digunakan sewaktu-waktu. 
Kalau mau menggunakan tinggal ambil cabai yang diperlukan diamkan dalam air panas beberapa menit dan cabai siap digunakan untuk memasak..

Kalau ada tips lain untuk mengawetkan bahan pokok boleh sharing ya... Ditunggu... ^-^

Selamat mencoba ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar