Jamur Krispi

Siapa yang suka ngemil? Angkat tangannya...
Siapa yang tidak suka mengemil? Pasti banyak diantara teman-teman suka ngemil. Termasuk saya. Satu mangkuk jamur krispi rasanya kurang dan rasanya mulut ini ingin terus menggilas. Hingga tidak peduli lagi dengan namanya timbangan.

Beberapa hari yang lalu saya menemukan resep jamur krispi sajian sedap. Bahannya mudah di dapat. Hanya saja saya setelah mencuci bersih dan memeras jamur. Saya menjemurnya beberapa saat, untuk menghilangkan air yang masih terperangkap dalam daging jamur, kurang lebih 2 - 3 jam. Alhamdulillah hampir mendekati keinginan.

Saya sertakan resepnya bagi teman-teman yang mau mencoba.

Jamur Krispi
Source. Sajian sedap
Modif. Rismayanti Megawati

Bahan:
250 gram jamur tiram suir-suir
500 ml minyak goreng untuk menggoreng

Pencelup:
5 sendok makan tepung terigu serba guna
2 sendok makan tepung sagu/tapioka
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih halus/bubuk
1 gelas air

Pelapis:
250 gram terigu serbaguna
50 gram sagu tani
1 sdt paking powder
1 sdm kaldu bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
2 siung bawang putih halus/bubuk

Cara membuat:
  1. Cuci bersih jamur dan peras airnya sampai benar-benar tiris. Jemur kurang lebih 2-3 jam. Sisihkan.
  2. Gulingkan jamur ke dalam pelapis. Celupkan ke dalam pencelup dan gulingkan lagi ke dalam pelapis.
  3. Goreng jamur dalam minyak matang di atas api sedang sampai benar-benar matang dan kering. Angkat. Tiriskan. Simpan dalam toples kedap udara.
Selamat mencoba *-*

Komentar

Postingan Populer