Minggu, 12 April 2015

Homemade Gluten Daging Vegetarian

Gluten? Apa itu gluten? Yuk kita cari tahu tentang gluten.
Menurut dr.Tirta Purwitasari, SpGK dari Gerakan Masyarakat Sadar Gizi, gluten merupakan protein. Protein yang secara alami terkandung dalam hampir semua serealia dan biji-bijian. Gluten mengandung 90% protein, 8% lemak, dan 2% karbohidrat. Senyawa ini memang kompleks dari dua tipe protein, adalah gliadin dan glutenin. Ketika tepung dibasahi pada persiapan adonan, gluten mengikat sebagian air dan membentuk struktur seperti kisi-kisi. Struktur ini yang dimanfaatkan untuk memerangkap udara guna meningkatkan volume dalam pembuatan roti.

Gluten ini sangat diperlukan dalam pembuatan produk bakery seperti, roti, cake dan cookies. Gluten ini yang menyebabkan adonan menjadi elastis (lentur) dapat direntangkan dan kenyal dalam membuat roti, sehingga ketika dipanggang, roti akan terasa kenyal  saat dimakan karena gluten bersifat kedap udara. Rata-rata dalam pembuatan roti protein yang diperlukan sekitar 11%.

Meski gluten banyak terdapat gandum, termasuk juga rye, dan sedikit pada oat. Ternyata bukan hanya pada roti saja yang terdapat gluten, banyak produk yang mengandung gluten seperti, sereal, bir, whisky, vodka, pengental makanan, salad dressing, saus dan sebagainya. Selain itu juga karena sifatnya kenyal sering digunakan dalam membuat daging tiruan oleh para penganut vegetarian. Itu dia sebabnya, gluten sering disebut daging vegetarian. Ada sejumlah orang yang tidak dapat mengkonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh merusak dinding usus halus, dan dapat ditangani apabila penderita tidak memakan gluten seumur hidup. Itulah kira-kira. 

Saya menemukan resep gluten daging vegetarian ini dari blognya Mbak Monic dan Mbak Monic dari blognya dentistvschef. Lumayan harus sabar juga dalam membuat gluten ini. Karena kita harus mencuci adonan hingga airnya bening dan adonan menjadi berkurang. Diresep Mbak Monic itu menggunakan air 150 ml. Saya menggunakan 270 ml air untuk menghasilkan adonan yang kalis. Atau bisa disesuaikan kadar air yang diperlukan. Bagi yang berminat mencoba saya sertakan resepnya ya..

Gluten Daging Vegetarian
Source. dentistvschef dan monicsimplekitchen 

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi/cakra
1 sdt garam 
270 ml air
1 sdm minyak canola

Cara membuat:
  1. Campur terigu, garam dan air uleni sampai kalis.
  2. Tambahkan minyak uleni lagi sampai adonan rata dan diamkan 30 menit biar adinan setting dengan ditutup serbet atau piring.
  3. Cuci adonan untuk melarutkan patinya sambil dipijat dibawah aliran air yang kecil hingga air pembilasnya bening dan didapatkan adonan gluten yang kuning seperti karet.

  4. Angkat gluten dan pindahkan di wadah yang kering, diamkan selama 30 menit (saya sekitar 1 jam)
  5. Campur gluten dengan bumbu untuk menambahkan rasa.
  6. Bentuk bulat kecil untuk membuat bakso dan bulatan besar untuk membuat daging vegetarian.
  7. Didihkan air, lalu kecilkan api. Masukkan bakso gluten dan masak kurang lebih 1-3 jam dengan air yang tidak mendidih. Angkat dan siap diolah.
Selamat mencoba *-*

Sumber Gluten dari femina.co.id dan wikipedia 

4 komentar:

  1. Hiyaaaa..mantap mba Risma..lebih dalam ulasan tentang glutennya...
    bener mba harus sabar buatnya...trus dari 500gr tepung jadinya sedikit...he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak harus ekstra sabar... nggak apa-apa tangan kriput yang penting hasilnya ya mbak kayak daging. Jadi bisa buat alternatif kalau nggak ada daging dirumah... hehe...

      Hapus
  2. Bagus banget penjelasannya mbak. Eh mbak Monica disini juga toh, mbak rismayanti salam kenal dan salam sukses. Jangan lupa mampir juga di blog lia mbak, http://www.posresep.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga... terima kasih sudah maen ke sini...
      Siap saya akan mampir ke blog mbak aulia..

      Hapus