Kamis, 10 Desember 2015

Banana Bread


Banana bread ini merupakan sejenis roti yang terbuat dari pisang yang dilumatkan hingga lembut. Teksturnya yang moist, manis dari perpaduan adonan dan pisang. Tidak seperti adonan roti pada umunya, banana bread ini menggunakan soda kue dan baking powder sebagai bahan pengembang. Menurut saya rasanya hampir ke cake daripada roti. Untuk rasa banana bread ini enaaakkk bangeet.. Wangi pisang dan kayumanis waktu dalam oven saja udah menggoda pas keluar dari oven, langsung saya keluarkan dari loyang, foto dan potong, langsung deh habis beberapa potong banana bread. Ibu juga tidak kalah banyaknya makan.


Resepnya saya lihat dari joyofbaking.com. Kayaknya bakal buat lagi banana bread, soalnya enaaakkk dan buat guampang banget nggak pake mixer. Tinggal aduk-aduk adonan basah dan masukkan adonan kering aduk jadi satu masukkan loyang, panggang deh. Dan siap dinikmati sendiri ataupun bersama keluarga tercinta.. 


Yuk, intip resepnya..

Banana Bread
Source. joyofbaking

Bahan:
230 gram tepung terigu
5 buah pisang ambon/lumut/candavis matang, lumatkan
150 gram gula pasir
1 sdt baking powder
1/4 sdt baking soda/soda kue
1/4 sdt garam
1 sdt kayumanis
2 buah telur ukuran besar
113 gram mentega / margarin lelehkan
1 sdt vanilla extract /vanilli bubuk

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 180'C atau 360'F. Oles loyang ukuran 9 x 5 x 3 inch atau 23 x 13 x 8 cm dengan margarin/mentega dan taburi terigu secara tipis. atau bisa menggunakan kertas baking untuk alasnya.
  2. Siapkan wadah ukuran sedang, campur terigu, garam, vanilli, baking powder, baking soda, dan kayumanis, aduk hingga rata.
  3. Di wadah yang berbeda, aduk pisang yang sudah dilumatkan, telur, mentega/margarin cair dan gula pasir sampai gula larut. Masukkan adonan kering aduk rata. Mengaduknya jangan terlalu over ya.


  4. Tuangkan dalam loyang dan panggang kurang lebih 55-60 menit atau sampai matang.
  5. Angkat dan sajikan hangat.
Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar