Minggu, 20 Desember 2015

Milky Juice of Ginger (Jus Susu Jahe)

Kemarau yang panjang kemarin. Banyak diberbagai daerah di Indonesia mengalami kekeringan. Pengairan untuk pertanian dan perkebunan kering, sungai hanya aliran kecil yang mengalir malah lebih banyak yang kering. Pemukiman-pemukiman kekuarangan air bersih untuk memasak, minum, mencuci semua keperluan rumah tangga harus digilir ada yang kebagian ada yang tidak. Malah banyak yang tidak. Yang tidak terbagi giliran karena tidak mengalir ke pipa rumah, meminta kepada tetangga (kalau tetangganya baik, ini tetangga yang memiliki hati PELITa, tidak akan sudih hanya membagi satu tetes air) atau lebih banyak mereka yang mengguanakan air yang di bawa oleh tengki air. Entah dari mana airnya diambil. 

Sudahlah, biarlah kemarau kemarin menjadi pembelajaran untuk kita. Sekarang, kita sambut dan bersujud syukur penghujan telah hadir, membasahi bumi kita yang kekeringan, memberi kehidupan kembali kepada tumbuhan-tumbuhan yang beberapa bulan belakang tak tersentuh segarnya air. Terutama bagi saya. Bisa merasakan kembali udara wangi tanah dan tumbuhan, melihat kembali tumbuhan di halaman yang kemarin tampak mati sekarang mulai memperlihatkan kembali pucuk-pucuknya yang indah. 
Di musim penghujan seperti ini, tidak salah bila kita membuat segelas minuman hangat. Minuman yang bisa kita nikmati pagi, siang atau pun malam. Saya selalu membuat minuman yang berbahan jahe. Sangat simpel membuatnya, tapi khasiat yang saya rasakan luar biasa, apalagi saya sering bergadang. Sering masuk angin, perut kembung.

Milky Juice of Ginger

Bahan :
5 sendok makan susu kental manis
30 gram jahe kupas bersih (sesuaikan selera)
1/2 sendok teh kayumanis bubuk
1 gelas air panas

Cara membuat :
  1. Siapkan blender. Masukkan jahe, air dan kayumanis. Blender hingga tercampur rata.
  2. Saring air jahe, hingga tinggal ampasnya saja.
  3. Tuang susu kental manis ke dalam gelas dan beri jus jahe, aduk rata.
  4. Jus susu jahe siap dinikmati.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar