Rabu, 10 Desember 2014

Homemade... Strawberry Ice Cream...

Musim hujan bukan berarti kita nggak makan eskrim, kan. Itu saya. Nggak hujan nggak kemarau eskrim merupakan favourite, selain yang lain. Semua rasa saya suka, strawberry, cokelat, vanilla, pisang, duren, green tea, dan rasa yang lainnya, menurutku semuanya enak. Dan sekarang saya mencoba buat eskrim lagi. Membuat sendiri lebih murah dan puas menurutku. Bisa makan dengan porsi banyak. Yam Yam Yam.. (Iya timbangan jadi naik banyak juga. Duh).

Dulu saya pernah posting mangga ice cream. Rasanya enak, namun waktu itu saya menambahkan juice mangganya terlalu banyak jadi kurang lembut. Kalau yang ini strawberry nya tidak dibuat juice, hanya dipotong-potong dan di mixer bersamaan dengan adonan ice cream. Hasilnya lembut banget, manis dan sedikit rasa asam dari strawberrinya. Ice cream yang ini saya menambahkan telur. Resepnya saya lihat dari mbak Puji Rahayu Homemade Ice Cream Mocca.

Bahan-bahan yang saya gunakan (bukan untuk iklan ya)

Strawberry Ice Cream
Source Puji Rahayu

Bahan Biang:
1 sdm muncung tepung maizena
2 butir kuning telur
125 ml susu cair
Cara membuat :
Campur susu cair dan maizena masak sampai meletup-letup. Ambil sedikit campuran susu masukkan ke dalam kocokan telur aduk rata. Masukkan lagi ke dalam adonan susu, aduk hingga rata. Sisihkan.

Bahan Ice Cream :

1/2 kaleng susu kental manis
200 ml susu cair
adonan biang
50 gram whip cream
100 gram strawberry potong-potong kecil

Cara membuat :
  1. Kocok adonan biang dan susu kental manis hingga lembut dan kental. 
  2. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah kemudian pindahkan kecepatan tinggi sampai tercampur rata dan kental. 
  3. Apabila belum mengental juga masukkan adonan ke dalam freezer. Diamkan kurang lebih 1 jam. Keluarkan.
  4. Kocok kembali. Bila sudah terlihat mengental masukkan whip cream, aduk dulu sampai rata kemudian kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. (mengaduk adonan terlebih dahulu saat whip cream dimasukkan supaya bubuk whip creamnya tidak berterbangan kemana-kemana).
  5. Masukkan adonan ice cream ke dalam freezer, biarkan hingga pinggiran adonan sedikit mengeras.
  6. Keluarkan dan mixer kembali hingga mengembang. Kemudian masukkan potongan stroberi. Kocok dengan mixer lagi hingga tercampur.
  7. Tuang ke dalam wadah atau cetakan ice cream. Simpan lagi dalam freezer biarkan hingga membeku. Ice cream siap disajikan dengan aneka toping favourit.
Selamat mencoba ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar