Sabtu, 20 Desember 2014

Pohpohan

Siapa yang senang dengan lalapan? SAYA!!! Hehehe.... Ya, saya sangat suka lalapan dicocol smbal terasi, sambal ijo, pokoknya persambalan deh. Ada yang tahu lalap pohpohan? Apa tuh?  Pohpohan memiliki nama latin Pilea Melastomoides atau Poir. Memiliki kandungan gizi pada daun pohpohan per 100 gramnya yaitu energi, protein, lemak, karbohidrat,kalsium, fosfor,besi, Vitamin A, Vitamin B, B1, BOD dan air. 

Ternyata daun pohpohan banyak manfaatnya bagi tubuh manusia misalnya, untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak sampai remaja, untuk ibu hamil sampai ibu menyusui, dan untuk mencegah osteoforosis pada usia dewasa. 

Rasanya daun pohpohan itu hangat ditenggorokan, wangi, dan teksturnya renyah. Selain dibuat lalap, saya sering mencapurnya dengan tumisan. Jadi ada wangi-wanginya deh. Tetep enak nggak mengurangi rasa tumisan.

Di rumah nenek menanamnya lumayan banyak. Jadi kalau males ke warung beli lalapan, tinggal petik dari pohonnya, cuci dan di makan langsung. 

Ternyata tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita banyak manfaatnya. Yuk, biasain perbanyak makan lalapan dari pada junk food untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat.


Source: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar