Minggu, 11 Januari 2015

Steak Tahu Saus Lada Hitam

Steak mengingatkan saya dengan sahabat saya, Yoni. Semasa kuliah dulu sering main ke Bandung untuk menghilangkan penat atau sekedar jalan-jalan. Ketika kaki sudah lelah melangkah dan alunan dalam perut tidak hentinya berbunyi, maka yang pertama terpikirkan adalah makan steak di Warung steak di Bandung. Dengan porsi yang lumayan dapat mengenyangkan perut. Kami pasti akan menyantap steak tersebut dengan lahap. Setelah kenyang kami melanjutkan berkeliling kota Bandung

Rasanya rindu untuk melakukan hal itu lagi di masa sekarang. Dengan waktu, pekerjaan, kegiatan dan urusan pribadi yang tak kunjung pertemukan kami. Saya juga belum sempat sampai saat ini mengunjungi keponakan saya, Syauqi anak dari Yoni dan Zae. Saya harap suatu hari nanti dapat bertemu.

Steak Tahu Saus Lada Hitam
Source. Rismayanti Megawati

Bahan:
5 buah tahu putih/tahu kuning
2 butir telur
2 siung bawang putih iris
3 buah bawang merah iris
1/2 sdt garam
1 sdm kaldu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt gula pasir
50 gram tepung panir

Saus Lada Hitam:
3 sdm merica butir hitam geprek jangan sampai halus
300 ml air kaldu/air putih
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
3 siung bawang putih iris halus
1/2 sdt garam
1 sdt kaldu
1/4 sdt gula pasir
1 sdm maizena campur dengan 2 sdm air larutkan
Margarin untuk menumis

Pelengkap:
Kentang rebus
Wortel rebus
Buncis rebus

Cara membuat:
  1. Steak. Hancurkan tahu hingga lembut. Masukkan bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng hingga layu aduk rata. Masukkan tepung panir aduk rata. Tambahkan garam, kaldu, gula dan merica aduk rata. Cicipi. Tambahkan telur aduk rata.



  2. Tuangkan dalam loyang yang sudah oles minyak dan alas plastik. Kukus dengan api sedang hingga matang. Atau bisa langsung digoreng hingga matang.
  3. Bentuk dan ukuran sesuai selera. Kemudian goreng. Sisihkan
  4. Saus lada hitam. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan air dan biarkan mendidih. Kemudian tambahkan bumbu kecap, kaldu bubuk, garam, merica, gula, dan sus tiram. Cicipi. Tambahkan larutan maizena. Aduk hingga mendidih dan mengental. Angkat.
  5. Tata bahan pelengkap, dan steak tahu di atas piring. Siram dengan saus lada hitam. Sajikan.
  6. Nikmati steak tahu hangat.

Selamat menikmati *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar