Homemade Cream Cheese

Japanese cheese cake, American cheese cake, cheese tart, dan ice cream sungguh menggugah selera setiap melihatnya, dan menyantapnya. Sayamgmya, harga cream cheese begitu selangit, untuk membeli cream cheese saya mungkin akan berpikir ribuan kali. Sehingga mengurungkan niat saya untuk otak-atik menu tersebut di dapur. Dulu merasakan nikmatnya Japanese Cheese Cake oleh-oleh dari paman saya ketika bermain ke Garut. Sungguh lembut dan sekali hap.. Apalagi adik saya haya tiga kali hap hap hap... Setelah paman pulang saya penasaran ingin buat. Saya coba ke toko bahan kue untuk menanyakan harga cream cheese, ternyata mahal hanya untuk 250 gram. Ya, sudah sekali-kali nggak apa-apalah, asal jangan keseringan aja, bisa-bisa dompet kempes dan badan melar berkali lipat.... Percobaan akhirnya berhasil meski dengan berbagai insiden, seperti air yang dalam oven habis, sehingga saya harus tutup buka mengisi air. Dan berharap cemas cakenya nggak marah karena saya ganggu dengan sering membuka oven.

Sekarang untuk mencegah kantong tipis tapi saya ingin membuat sesuatu berbahan cream cheese, saya coba shearching ternyata ada macam-macam pembuatannya secara homemade. Ada yang keju dan susu saja. Terus keju, susu dan yogurt. Kayaknya masih banyak cara lagi. Di sini saya membuat yang cara simple dengan bahan yang sedikit.

Di bawah saya tulis resepnya ya... Semoga berkenan.

Homemade Cream Cheese (Cream Cheese Abal-abal)

Bahan :
250 gram keju cheddar (Cheese)
200 ml susu cair (fresh milk)

Cara membuat :
  1. Panaskan dandang yang tutupnya sudah dibungkus lap..
  2. Parut halus keju cheddar dalam wadah. Tuangkan susu cair, aduk hingga rata.



  3. Kukus selama 15 menit sambil sesekali diaduk hingga keju dan susu tercampur rata dan menjadi cream.
  4. Angkat dan biarkan dingin. Cream cheese siap digunakan untuk berbagai macam cake, mousse, butter cream dan yang lainnya.
Berat homemade cream cheese 450 gram

Selamat mencoba *-*

Komentar

Postingan Populer