HUT Republik Indonesia ke-70

Bendera Indonesia (Google-image)
Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang dilintasi oleh khatulistiwa dan berada di antara  benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, dengan populasi lebih dari 237.000.000 jiwa pada tahun 2010. Indonesia adalah negara dengan penduduk terbesar keempat, dan negara dengan penduduk muslim terbanyak. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah Republik. Dengan ibu kota Jakarta.

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lain. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7. yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang saling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku semasa era penjelajahan samudra. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia pada saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapatkan banyak hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatisme, proses demokratisasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa (ras), Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumi yakni Mongoloid Selatan/Austronesia dan Melanesia di mana bangsa Austronesia yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Secara lebih spesifik, suku bangsa Jawa adalah suku bangsa terbesar dengan populasi 41,7% dari seluruh penduduk Indonesia. Semboyan nasional Indonesia, "Bhinneka Tunggal Ika" yaitu Berbeda-beda namun tetap satu, yang berarti keberagaman yang membentuk negara ini. Selain memiliki populasi padat dan luas, Indonesia memiliki alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

Indonesia juga merupakan anggota PBB dan satu-satunya anggota yang pernah dari PBB, yaitu pada tanggal 7 Januari 1965, dan bergabung kembali pada tanggal 28 September 1966 dan Indonesia tetap dinyatakan sebagai anggota yang ke-60. Keanggotaan yang sama sejak bergabungnya Indonesia pada tanggal 28 september 1950. Selain PBB, Indonesia merupakan anggota ASEAN, KAA, APEC, OKI, G-20 dan akan menjadi anggota dari OECD.
Wikipedia

Negara Kesatuan Republik Indonesia (Google-Image)

Komentar

Postingan Populer