Selasa, 25 Agustus 2015

Dim Sum Udang (Shrimp Dim Sum/Dianxin/Dumpling)


Dim sum atau dianxin merupakan istilah dari bahasa Kantonis yang artinya, makanan kecil. Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun, nama dim sum lebih populer di dunia dibandingkan dengan dianxin. Dim sum terdiri dari berbagai macam penganan kecil yang biasanya dimakan sebagai teman minum teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut dengan yamcha. wikipedia

Dim Sum Udang (Shrimp Dim Sum/Dianxin/Dumpling)
Source. Justtryandtaste, Maangchi
Modif. Rismayanti Megawati

Bahan Kulit Dim Sum/Dumpling:
200 gram tepung hakkau
1 sdt garam
250 gram air mendidih

Bahan Isi:
250 gram udang
7 buah jamur kancing
4 lembar daun bawang
1 butir putih telur
1 sdm terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt kecap asin
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
1/2 sdt bawang putih bubuk

Cara membuat kulit:

Siapkan wadah berukuran sedang. Masukkan tepung hakkau dan garam, aduk hingga rata. 



Secara perlahan tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Biarkan hangat. 


Kemudian dengan tangan uleni hingga adonan menyatu. 




Pindahkan adonan ke atas meja bertabur sedikit tepung. Bagian adonan menjadi dua bagian, bulat lonjongkan. Bagi adonan menjadi 16 bagian atau sesuai selera besar kecilnya dim sum/dumpling. Bulatkan. 


Gilas adonan dengan rollin pin hingga tipis. Lakukan hingga habis. Setelah selesai tutup adonan dengan menggunakan plastik wrap atau lap lembab.

Cara membuat Isi:


Bersihkan udang, dengan cara membuang kulit dan kepalanya, serta bagian hitam dalam badan udang. Bersihkan dengan air. Beri udang sedikit garam dam biarkan beberapa menit hingga meresap. Cuci kembali dengan air sampai airnya terlihat bening. Saring udang dan tiriskan hingga udang kering/sedikit air.  Apabila sudah kering, potong udah sesuai selera. Saya memotongnya menjadi dua. Potong jamur dan daun bawang menjadi potongan yang kecil-kecil. 


Siapkan mangkuk. Masukkan udang, daun bawang dan bahan isi lainnya. Aduk rata.


Ambil selembar kulit dim sum/dumpling, beri isi. Lipat dari arah kanan atau kiri kulit, hingga menyerupai seperti rajutan kecil, rekatkan ujungnya dengan tangan. Lakukan hingga habis.

Siapkan kukusan yang sudah diberi alas kol atau plastik wrap. Susun dim sum/dumpling di atasnya, kalau bisa jangan sampai menempel, karena kulit dim sum/dumpling akan saling menempel. Kukus dengan menggunakan api sedang kurang lebih 35-40 menit hingga matang.


Angkat dan sajikan bersama saus.

Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar