Jumat, 21 Agustus 2015

Monkey Bread


Monkey Bread, disebut juga dengan monkey puzzle bread, sticky bread, African coffee cake, golden crown, pinch-me cake, pluck-it cake, bubbleloaf dan monkey brains. Monkey bread merupakan roti yang lengket, dan manis. Di Amerika roti ini disajikan untuk sarapan atau sebagai hadiah. Roti ini terdiri dari potongan-potongan roti yang lembut dengan ditaburi kayumanis di atasnya dan sering disajikan di pameran. Asal usul istialah "monkey bread" tidak pasti. Resep monkey bread untuk pertama kali muncul di majalah wanita dan buku masak masyarakat Amerika, di tahun 1950-an, tapi di negara luar Amerika Serikat hidangan ini masih tidak banyak yang mengenalnya. 

Bahan membuat "monkey bread" ini terdiri dari potongan ragi manis (agi beku), yang dipanggang dalam panci kue, kemudian mentega cair, kayu manis, gula, dan pecans cincang. Hidangan ini disajikan panas. "Moneky bread" dapat dinikmati menggunakan tangan. Tinggal ambil tiap bulatan-bulatannya.

Saya pertama mendengar monkey bread ini, saya kira bentuknya seperti monyet, atau ada pisang yang sering dikaitkan makanan monyet. Ternyata saya salah... Ini yang pertama saya membuat "monkey bread" ini, meski bahannya tidak original, alhamdulillah banyak yang suka. Asyik memakan "monkey bread" ini, kita tinggal ambil tiap bulatan-bulatan atau di potong juga tidak masalah. Seru kayaknya dimakan bersama teman-teman, kita bisa saling rebutan memakan setiap potongannya...

Gimana kalau coba bikin, hidangkan di saat semua keluarga kumpul..
Ayoo mulaii..


Monkey Bread
Source. Justtryandtaste, dailydelicious
Modif. Rismayanti Megawati

Bahan:
300 gram terigu protein tinggi
15 gram susu bubuk
1 sdt ragi instan
4 sdm gula pasir
1 bungkus vanili bubuk
2 butir kuning telur

250 ml air hangat
2 sdm mentega/margarin cair
1/4 sdt garam

Pelapis:
3 sdm gula pasir/gula merah
2 sdm almond bubuk
1 sdt bubuk kayu manis
2 butir putih telur
50 gram margarin/mentega leleh

Cara membuat:
  1. Siapkan wadah ukuran besar. Masukkan terigu, susu bubuk, ragi instan, gula pasir, vanili dan kuning telur. Aduk hingga rata.
  2. Tambahkan campuran air hangat, mentega/margarin cair dan garam, uleni adonan hingga kalis kurang lebih 15 menit. Kalau adonan lengket, beri tangan sedikit terigu, jangan memberi adonan langsung terigu yang banyak.
  3. Diamkan adonan dengan ditutup plastik wrap dan serbet kurang lebih 1 jam atau sampai adonan mengembang dua kali lipat. 
  4. Pindahkan adonan ke atas meja yang sudah bertabur terigu tipis saja. Bulatkan. Potong adonan menjadi empat bagian dan potong lagi menjadi potongan terkecil/potongan yang diinginkan. Bulatkan adonan, menjadi bulatan kecil. Diamkan 5 menit.




  5. Celupkan adonan ke dalam mentega/margarin cair. Gulingkan ke atas campuran gula pasir/gula merah, almond bubuk dan kayu manis. Dan balut lagi dengan kocokan telur. Simpan dalam loyang bulat ukuran 18 cm yang sudah dioles margarin secara tipis. Lakukan hingga habis.




  6. Diamkan adonan 15 menit.
  7. Panggang dengan api 170'C hingga matang. Angkat. Diamkan 5 menit. Kemudian balikkan roti ke dalam piring saji. Monkey bread siap dinikmati.
Selamat mencoba dan menikmati *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar