Kamis, 06 Agustus 2015

Keciput Gurih Pedas


Keciput merupakan makanan sejenis onde-onde kecil yang berasal dari kudus dan daerah sekitarnya, selain jenang. Keciput ini menyerupai onde-onde memanjang yang dibalut wijen putih. Yang membedakannya, onde-onde terdapat isi kacang hijau dan bentuknya lebih besar, sedangkan keciput tidak memakai isi. Tekstur keciput ini renyah, tidak seperti onde-onde empuk/lembek. Rasa keciput manis dan gurih. wikipedia

Hari ini saya tidak membuat keciput yang manis. Saya membuat keciput gurih pedas. Proses membuatnya memang harus dibutuhkan ketelatenan/sabar, dengan bentuk yang imut-imut itu adonan yang tidak banyak terasa seperti tidak ada habisnya. Enaknya buat keciput ini kalau lagi puasa, sambil ngebuburit. Sama seperti teman-temannya, kue garpu, pastel mini, endog londok dan lainnya. Membuatnya harus ekstra sabar, makannya hanya sekejap saja. Apalagi sambil nonton. Duh, nggak bakalan kerasa tahu-tahu tinggal tersisa sedikit. Tangan nggak akan berhenti memasukan cemilan ini ke dalam mulut.... Krezzz...krezzz....krezzz...

Yuk, kita bikin sebagai cemilan buat nonton..


Keciput Gurih Pedas
Source. Sajian sedap
Modif. Rismayanti Megawati

Bahan:
400 gram tepung ketan
1 butir telur ukuran besar
250 ml santan kental
3 sdm gula pasir
200 gram wijen putih
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
1 siung besar bawang putih
25 gram ebi
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica (saya ganti dengan 10 buah cabe rawit)

Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan kental.
  2. Tambahkan santan dan bumbu halus, aduk hingga rata menggunakan whisk atau mikser dengan kecepatan rendah asal tercampur.
  3. Masukkan tepung ketan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur. Aduk sampai rata dan bisa dibentuk.
  4. Ambil adonan seikit bulatkan, masukkan  ke dalam wijen, tutupi seluruh permukaannya dengan wijen, bulatkan, lalu lonjong. Sisihkan. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang. Masak keciput hingga mengapung, lalu kecilkan api. Masak hingga kering kecoklatan.
  6. Angkat. Tiriskan. Keciput siap dinikmati sebagai teman santai kalian.
Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar