Kwetiau Goreng


Kwetiau (Hanzi, hanyu pinyin: guotiao, sha he fen) merupakan sejenis mie Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari tepung beras. Dalam penyajiannya kwetiau dapat digoreng atau pun berkuah. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia. 

Kwetiau pada umumnya identik dengan etnis Hokkian dan Tio Ciu. Dalam penyebarannya di Indonesia, etnis Hokkian dan Tio Ciu berbeda dalam penyajiannya. Etnis Hokkian yang banyak berdiam di Sumatera terkenal dengan kwetiau medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Sedangkan etnis Tio Ciu yang banyak berdiam di Kalimantan terkenal dengan kwetiau sapi yang memakai daging sapi dan jeroannya, seperti babat. Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan kwetiau siram. Kwetiau siram adalah jenis kwetiau yang berkuah, sering dimasak dengan daging babi atau daging sapi. Di Bagansiapiapi, Riau terkenal dengan masakan khasnya yaitu kwetiau Bagan yang bisa ditemukan diberbagai restoran milik warga Hokkian setempat. Wikipedia.


Kalau yang ini kwetiau ala saya yaitu alakadarnya ya... Hehehe... Pokoknya enak dan perut larap bisa diobati dengan sepiring kwetiau. Buatnya tinga oseng-oseng, nggak perlu ribet dan lama. Yuk, kita ke dapur sediakan bahan-bahan.

Kwetiau Goreng
by. Rismayanti Megawati

Bahan.
1 bungkus kwetiau atau 200 gram kwetiau
3 buah sosis iris serong
5 lembar packcoy potong-potong
1 buah wortel potong serong
2 siung bawang putih
2 batang daun bawang
3 batang seledri
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
Air secukupnya
Garam, gula pasir dan merica secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis


Cara membuat:


Panaskan minyak. Tumis bawah putih sampai harum.


Masukkan wortel aduk sebentar, kemudian beri air sampai wortel terendam. Biarkan sampai wortel setengah matang.


Masukkan sosis, daun bawang dan seledri, aduk rata.


Masukkan kwetiau, beri bumbu garam, merica, kecap manis, saus tiram dan gula pasir, aduk rata. Masak sampai matang. 


Kwetiau siap disajikan.

Selamat mencoba *-*

Komentar

Postingan Populer