Kamis, 26 Februari 2015

Pom Pom Potato(es)

Resep pom pom potato ini saya lihat dari blognya Mama aisyah. Lucu ya namanya pom pom. Dikira terbuat dari apa gitu, ternyata dari kentang rebus atau kukus yang dihaluskan. Setelah mengeksekusi pom pom ini, suka dengan rasanya creamy di dalam renyah di luar. Pas nenek nyobain pom pom ini dibilang perkedel. Sama tapi beda. Sama bahannya terbuat dari kentang. Makasih ya Mama Aisyah resepnya. Bagi yang mau coba resepnya saya tulis di bawah serta step by stepnya.... Agar pom pom ini tak pecah dalam menggoreng gunakan minyak yang cukup banyak, saya gunakan minyak banyak sampai menutupi pom pom, tanpa membolak-balik pom pom.

Pom Pom Potato
Menghasilkan 15 Buah

Bahan:
500 gram kentang kukus/rebus
200 gram keju cheddar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt lada hitam bubuk
1 buah wortel
2 sdm susu cair/susu kental manis/ susu bubuk
Tepung roti secukupnya
3 butur telur kocok lepas
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
  1. Haluskan kentang yang sudah direbus atau dikukus dengan menggunakan garpu atau ulekan. Saya menggunakan garpu kemudian saya mixer untuk lebih halus.

  2. Masukkan wortel, keju, susu bubuk, garam, gula pasir dan lada bubuk. Aduk rata. Cicipi.


  3. Dalam membentuk ambil adonan satu sendok makan. Kepal-kepalkan agar adonan padat sehingga ketika digoreng pom pom tidak pecah, bentuk sesuai selera.
  4. Celupkan ke kocokan telur. Gulingkan ke tepung panir. Bisa diulang untuk menghasilkan kulit yang tebal sekitar 2-3 kali pengulangan.


  5. Diamkan 1-2 jam agar tepung panir benar-benar menempel.
  6. Goreng pom pom di minyak yang panas dengan api sedang agak banyak. Menggunakan minyak panas supaya kulit cepat menguning lalu angkat. Jangan terlalu banyak membolak-balik adonan. Angkat.
  7. Sajikan selagi hangat dengan saus atau sambal.
Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar