Kamis, 05 Februari 2015

Neapolitan Semifreddo Ice Cream


Apa itu Semifreddo Ice Cream? Semifreddo merupakan dessert dari Italia yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti "half cold". Disebut begitu karena dessert yang satu ini memang telsturnya semi-frozen. Tidak heran memang kalau dinikmati rasanya sungguh YUMMYYYY!!!!! Krimnya dingin dan luar biasa lembut menghasilkan sensasi yang luar biasa ketika berada dalam mulut.

Banyak yang salah mengira kalau kelembutan semifreddo berasal dari mousse. Namun sebenarnya berupa campuran dari meringue, gula dan whipp cream yang dikocok bersama. Selain itu untuk membuatnya juga kita tidak perlu mesin ice cream. Cukup menggunakan mixer. Semifreddo dapat dikreasikan dengan berbagai rasa dan bentuk, tergantung dari kreatifitas si pembuatnya.

Selain di Italia semifreddo juga katanya terdapat di Spanyol yang dikenal dengan nama semifrio. Semifrio di lengkapi dengan topping buah-buahan segar atau kacang-kacangan dengan berbagai macam rasa. Dan di Indonesia sendiri sudah banyak restoran-restoran yang menyediakan hidangan asal Italia ini.

Biar nggak penasaran kita coba yuk! Beneran lho lembut banget. Saya dapat resepnya dari dailydelicious.blogspot.com. Kebetulan bahan ada semua. Jadi saya eksekusinya sama persis seperti yang di dailydelicious. Di bawah resepnya ya....

Neapolitan Semifreddo Ice Cream
Source. Daily Delicious blogspot dot com

Ingredient:
175 gram caster sugar
2 large egg white
600 ml whipping cream
1/2-1 sdt vanilla extract/vanilla pod
200 gram ripe strawberry or frozen plus more to serve
100 gram rasberries or frozen plus more to serve
1 teaspoon icing sugar
75 gram dark chocolate (70% cocoa)

How to make:
  1. Oles wadah ukuran 11cm x 22 cm dengan minyak, alasi dengan plastik. Sisihkan.
  2. Masak gula pasir di atas kompor hingga meleleh. Sambil menunggu gula mencair, kocok putih telur hingga lembut dan mengembang. Gula cair yang masih panas, langsung masukkan ke dalam kocokkan putih telur, sambil terus dikocok hingga rata hingga dan dingin kurang lebih 3-4 menit. 




  3. Dalam wadah yang lain kocok whip cream hingga mengembang dan lembut.

  4. Masukkan kocokan putih telur ke dalam whip cream beri vanilla extract/vanilla pod, aduk rata.
  5. Campurkan berries dengan icing sugar sampai lembut. Bagi adonan ke dalam tiga bagian. Satu bagian beri purree berries aduk hingga rata dan adonan menjadi terlihat pink. Tuang ke dalam wadah ice cream ratakan. Simpan dalam freezer selama 30 menit. Kemudian masukkan adonan putih ke dalam wadah ice cream di atas adonan merah, ratakan. Masukkan ke dalam freezer kurang lebih 30 menit.

      


  6. Lelehkan dark chocolate. Masukkan ke dalam adonan, aduk hingga rata. Tuang di atas adonan putih ratakan. Simpan hingga ice cream benar-benar set kurang lebih 3-4 jam atau bisa juga semalaman. 

  7. Semifreddo ice cream siap dinikmati dengan toping yang lain.

Selamat mencoba *-*

Sumber semifreddo dari http://food.detik.com/read/2011/11/02/170955/1758626/482/semifreddo-si-lembut-dari-itali-mamma-mia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar