Nugget Ayam

Membuat nugget bukan pertama kalinya, ini yang kesekian kali. Menurut saya nugget yang ini pas teksturnya. Ayamnya dan kejunya keraza banget. Kemarin-kemarin saya mencoba buat nugget itu selalu lembek di dalamnya ketika sudah digoreng. Nuggetnya saya pake buat sarapan biar nggak ribet masak ini itu, tinggal ambil nugget di freezer goreng, jadi teman untuk sarapan. Resepnya saya ambil dari Sajian sedap, saya modif dikit ya. Menyesuaikan bahan yang ada dirumah

Resep by Sajian Sedap
Modifikasi by Rismayanti Megawati 

Bahan Nugget:
200 gram ayam giling (saya menggilingnya tidak terlalu lembut)

100 gram keju cheddar, diparut
70 gram tepung roti 
3 butir telur 



Bumbu:
1/2 buah bawang bombay, dicincang
2 siung bawang putih, dicincang
4 sendok makan saus tomat 
1 sendok teh oregano (saya tidak pakai)
1/2 sendok teh basil (saya tidak pakai)
1/2 sendok teh gula pasir 
1 1/2 sendok teh garam 
1/2 sendok teh merica bubuk 



Bahan Pelapis:
2 butir telur, dikocok lepas
150 gram tepung roti kasar 



Cara Pengolahan :
  1. Aduk semua bahan nugget dan bumbu hingga rata.
  2. Tuang ke loyang persegi 20x4 cm (saya menggunakan loyang ukuran 18x4 cm) yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus 30 menit sampai matang.
  3. Potong 1 1/2 cm x 8 cm atau sesuai selera, bisa juga dicetak dengan berbagai karakter biar menarik minat makan si kecil. Celupkan ke telur lalu gulingkan di tepung panir. Lakukan 2 kali.
  4. Diamkan selama satu hari dalam kulkas biar tepung panirnya benar-benar menempel.
  5. Goreng dalam minyak panas sampai matang.


 
Nugget ini hasilnya jadi lumayan banyak. Saya menghasilkan 50 potong nugget.

Selamat mencoba ^-^

Komentar

Postingan Populer