Churros


Resep churros ini saya lihat dari blognya mbak Ricke Indriani dan saus cokelatnya saya ambil dari majalah femina.

Bahan:
250 ml air
50 gram butter atau margarin
1 1/2 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
150 gram terigu protein sedang 
1/4 sdt vanili
1 butir telur ukuran besar
Minyak untuk menggoreng

Bahan Pelengkap:
Gula donat
Saus Cokelat

Cara membuat:

  1. Masak air,butter/margarin, gula dan garam hingga mendidih dan butter meleleh. Matikan api. Masukkan terigu dan vanilli yang sudah diayak. Aduk cepat. nyalakan kembali api kecil, aduk hingga adonan licin dan kalis. Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan menjadi adonan yang tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus.
  3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit.
  4. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang. Spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Atau bisa juga spuitkan di atas loyang yang sudah ditaburi terigu tipis sampai adonan habis. Masukkan dalam freezer tunggu sampai adonan mengeras, lalu goreng. Angkat.
  5. Tunggu sampai agak hangat baru tabur gula donat atau dapat disajikan dengan saus cokelat.

Saus cokelat:
125 gram cokelat masak pekat
175 ml susu cair
3 sdm gula pasir
1/4 sdt vanilli
1/4 sdt garam
1 sdm maizena ditambahkan 2 sdm air

Cara membuat:
Lelehkan cokelat masak pekat dengan menggunakan api kecil. Masukkan susu cair, gula pasir, garam dan vanilli aduk hingga tercampur rata. Masukan larutan tepung maizena. Aduk rata sampai meletup-letup. Angkat. Siap digunakan,

Sumber : 
Majalah Femina

Modifikasi by Rismayanti


Selamat mencoba ^-^

Komentar

Postingan Populer