Es Kacang Ijo


Dulu sewaktu SD, Ibu sering membuatkan saya berbagai macam es. Mulai dari es teh manis, es dari buah sirsak, es ketan hitam, es rujak, dan es kacang hijau. Dulu dimasukkan dalam plastik es. Kadang saya suka menarik plastik es hingga panjang, masukkan bahan es dan saya bisa membentuknya. Setiap hari sekolah Ibu membawa satu termos besar berisi berbagai macam es untuk dititipkan di kantin sekolah. Pulangnya saya yang harus membawanya. Kalau masih ada sisa, itu berarti jatah saya untuk menghabiskannya. Memang sudah tidak dingin dan sudah mencair. Tapi menurutku itu tetap enak.

Sekarang semakin banyak orang berjualan es. Sangat bervariasi mulai dari rasa hingga bentuk. Seandainya bisa memutar kenangan dulu, sungguh indah. Untuk mengobatinya saya coba membuatnya sendiri. Bahan yang mudah didapat dan tidak diperlukan mikser. Buatnya sama saja seperti membuat bubur kacang, tapi ini airnya dibiarkan hingga sampai sedikit dan sedikit mengental. Matikan dan biarkan bubur kacang dingin. Masukkan dalam cetakan es lolly. Diamkan dalam freezer sampai terbentuk es. Dan selamat menikmati.


Komentar

Postingan Populer