Sabtu, 31 Oktober 2015

Trick or Treat DIY Halloween


Halloween adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or Treat!" Ucapan tersebut semacam "ancaman" yang berarti, "Beri kami permen, atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah ang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah oang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun dan permen karet. Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.


Halloween merupakan kependekan dari All Hallows' Even (eve dan even sama-sama berarti petang/malam) yang berarti malam sebelum hari raya All Hallow. Halloween berasal dari festival Samhain (dari Bahasa Irlandia Kuno samain) yang dirayakan oleh orang Kelt Zaman Kuno. Festial Samhain merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael, dan terkadang disebut "Tahun Baru Kelt". Orang Kelt yang menganut Paganisme secara turun temurun menggunakan kesempatan festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan untuk persiapan musim dingin. Bangsa Gael kuno percaya bahwa tanggal 31 Oktober, merupakan pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar ulang-ulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpra-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Simbol Halloween yang dimengerti secara universal adalah labu yang diukir membentuk wajah"menyeramkan" yang disebut Jack-o'-lantern. Di dalam Jack-o'-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih menyeramkan di tempat gelap. Simbol-simbol perayaan Halloween menggambarkan keadaan alam di musim gugur, termasuk labu hasil panen dan orang-oangan sawah sebagai penjaga hasil panen. Selain itu, simbol-simbol Halloween juga dekat dengan kematian, keajaiban, moster, dan karakter menyeramkan. 

Di belahan bumi beriklim sejuk, perayaan Halloween berlangsung dimusim apel. Salah satu makanan Halloween adalah apel karamel (apel yang dicelupkan ke dalam cairan gula). Hidangan lain yang lekat dengan tradisi Halloween adalah pai labu, sari buah apel, candy corn, bonfire toffee, candy apple dan permen yang dibungkus dengan wana-warni permen Halloween (oange, colat dan hitam).

Halloween Party

Chocolate Cupcake
(Black Beauty Cupcake, rina-dapurmanis)

Bahan:
75 gram cokelat bubuk
250 ml air panas
225 gram gula pasir
225 gram terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt garam 
60 ml mayonaise
1 batang vanilla pod belah dan keruk isinya

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius, siapkan loyang muffin alasi dengan paper cup sisihkan.
  2. Di wadah ukuran sedang campur terigu, baking powder, soda kue, dan garam lalu ayak.
  3. Campur cokelat bubuk dan air panas, kocok dengan mixer speed rendah sampai rata.
  4. Masukkan gula pasir ke dalam campuran cokelat kocok rata hingga gula larut.
  5. Masukkan terigu dan mayonaise secara berselang-seling sambil dikocok rata. Adonan akan menjadi kental tapi masih mudah dituang dengan menggunakan sendok.
  6. Beri vanilla pod aduk rata.
  7. Tuang adonan ke dalam cetakan muffin hingga 3/4 penuh. Panggang kurang lebih 20 menit atau hingga cupcake matang. Angkat dan biarkan dingin
Chocolate Buttercream

Bahan:
250 gram mentega tawar
100 gram gula pasir
50 ml air
1/4 kaleng susu kental manis
5 sendok chocolate ganache

Cara membuat :
  1. Campur gula pasir dan air. Panaskan di atas kompor hingga gula larut. Matikan dan dinginkan.
  2. Kocok mentega hingga lembut dan tuang sedikit demi sedikit syrup sambil di kocok dengan menggunakan mixer.
  3. Masukkan susu kental manis dan chocolate ganache, kocok hingga tercampur rata dan lembut.
Penyelesaian:
Semprotkan chocolate buttercream di atas cupcake lalu ratakan dengan spatula kecil. Taburi dengan chocolate cake crumble atau oreo yang dihaluskan biar menyerupai tanah. Letakan ghost meringue, bones di atas cupcake. Atau bisa dengan nisan yang terbuat dari cokelat atau biskuit. Hias sesuai selera.

Selamat mencoba *-*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar