Kamis, 14 Mei 2015

Sausage and Cheese Twist Bread

Rencananya hari saya ingin membuat cake water sponge cake. Tapi kenapa jadinya roti, ya? Ya itulah saya. Inginnya sih dalam sehari bisa membuat berbagai macam eksperimen makanan. Apa daya tenaga dan waktu membatasi. Akhirnya saya putuskan untuk membuat roti saja, yang adonannya menggandalkan tenaga tangan. Itung-itung olah raga. Biar miksernya istirahat dulu sehari ini.

Rotinya saya menggunakan metode tanzhong. Dulu saya sudah pernah mencoba menggunakan metode ini dan hasilnya memang lembut meskipun tanpa bahan pelembut. Metode tanzhong ini konon katanya, sering digunakan oleh masyarakat cina dalam pembuatan roti. Saya merasa tidak membuang tenaga dalam menguleni roti hingga benar-benar elastis. Rasa lelah, keringat yang dikeluarkan bisa dibilang sebanding dengan hasil yang diharapkan. Capek mendadak hilang, ketika seloyang roti yang matang keluar dari oven. Satu roti panas pun meluncur dalam mulut saya yang memang sudah menanti untuk saya lahap. (Maklum karena perut sudah minta jatah. Laparrrr).

Ayo kita buat roti dengan metode tanzhong ini.. Mari ke dapur..

Sausage and Cheese Twist Bread

Bahan Biang:
50 gram tepung terigu protein tinggi
250 ml air

Bahan Roti:
300 gram tepung terigu protein tinggi
200 gram tepung terigu protein sedang
70 gram gula pasir
150 ml susu cair
1 butir telur
50 gram margarin leleh
1/2 sdt garam
11 gram ragi instant

Isi:
6 buah sosis sapi atau ayam iris memanjang
50 gram keju cheddar atau melted 
1/2 sdt daun parsley segar atau kering

Olesan:
1 sdm susu bubuk full cream
3 sdm air
Margarin secukupnya

Cara membuat:
  1. Bahan Biang. Masukkan terigu dan air aduk rata. Nyalakan kompor, masak bahan biang dengan api kecil, hingga menyerupai bubur sumsum.


  2. Siapkan wadah besar. Masukkan terigu, ragi, margarin leleh, gula pasir, telur, garam dan bahan biang. Uleni hingga rata kalis dan tidak lengket lagi ditangan. Bulatkan. Tutup dengan serbet. Biarkan istirahat hingga adonan mengembang dua kali lipat dari yang semula.




  3. Kempiskan adonan. Bagi dua. Bulatkan. Letakkan di atas meja kerja yang sudah ditabur dengan terigu agar adonan tidak lengket saat digiling. Giling adonan berbentuk segi empat besar ukuran 20x20cm. Masukkan irisan sosis, keju dan parsley di salah satu ujungnya. Kemudian tutup dengan ujung yang satunya lagi. Giling adonan untuk memadatkan bahan isi. Setelah dirasa cukup padat, potong adonan ukuran dengan ukuran 5x20cm. Kemudian potong bagian tengahnya, Putar ujung adonan ke dalam hingga menyerupai lilitan. Lakukan hingga adonan habis. 








  4. Istirahatkan 5 menit. Oles dengan campuran susu bubuk dan air.
  5. Kemudian panggang kurang lebih 10 menit dengan suhu 180'C hingga matang. Keluarkan dari loyang. Panas-panas oles roti dengan margarin.
  6. Sajikan.. Enak juga untuk sarapan.
Selamat Mencoba *-*

2 komentar:

  1. memang puas ya mba kalau buat roti sendiri apalagi kalau rotinya lembut..nyam2..
    kalau sekarang saya mah sukanya buat roti metode sangjin ko saja mba, lembut juga dan tidak capek ngulen...he he he ...memang pemalas sih saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, buat sendiri itu puas, malah kita bisa berbagai macam roti...
      Boleh tuh mbak metode yg nggak capek ngulen...
      Nanti coba ah...

      Hapus