Jumat, 08 Mei 2015

Otak-otak Goreng Ikan Patin


Ikan Patin adalah sekelompok ikan berkumis (Siluriformes) yang termasuk dalam genus Pangasius, familia Pangasiidae. Nama "patin" juga disematkan pada salah satu anggotanya. P.nasutus. Kelompok hewan ini banyak yang bernilai ekonomi, seperti patin dan patin siam (P.hypophthalmus syn. P.sutchi atau beberapa pustaka menyebutnya jambal siam). Beberapa anggotanya yang hidup di Sungai Mekong dikenal berukuran sangat besar, mencapai panjang dua meter.

Beberapa hari yang lalu saya membuat otak otak dengan ikan patin. Saya ingin membiasakan untuk mengkonsumsi ikan. Bukan berarti saya tidak suka ikan, saya sangat suka ikan baik ikan air tawar maupun air laut. Tapi adik saya kurang suka ikan terutama ikan laut. Sekarang saya sedang berusaha mencari resep yang pas untuk adik saya. Mungkin bukan resep yang harus saya cari. Resep-resep yang berkeliaran di internet sungguh banyak dan komentarnya sangat memuaskan, jadi yang harus saya lakukan adalah mencari teknik yang tepat dalam mengelola makanan ikan terutama ikan laut.

Resepnya saya dapat dari sajiansedap. Saya modif resepnya.

Otak otak Goreng Ikan Patin

Bahan:
450 gram daging ikan Patin, haluskan
2 putih telur
70 gram tepung sagu
50 ml santan 
5 helai daun bawang iris halus
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
3 siung bawang putih halus atau bubuk

Cara membuat:
  1. Aduk rata semua bahan hinga rata. Simpan dalam lemari es kurang lebih 30 menit, agar adonan tidak terasa lengket.


  2. Panaskan dandang dengan menggunakan api sedang hingga beruap. Bentuk oval adonan dan masukkan ke dalam dandang yang sudah dialas plastik atau daun pisang. Lakukan hingga adonan habis. Kukus hingga matang.
  3. Goreng otak otak yang sudah dikukus dengan minyak yang cukup banyak dengan api sedang. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan saus kesukaan anda.
Selamat Mencoba

2 komentar:

  1. kayaknya enak nih mba...
    saya pengen buat juga jadinya, tapi saya tidak suka ikan air tawar terutama patin..ganti ikan laut kayaknya enak ya...
    bookmarked resep mba Risma ya... thanks mba...

    BalasHapus