Homemade Peanut Butter -

Ternyata membuat peanut butter sendiri tidak sesulit yang saya bayangkan. Hanya bermodalkan kacang tanah, dan blender. Setelah membaca artikel Mbak Endang Just Try and Taste, saya akhirnya memberanikan diri untuk membuatnya. Pertama saya merasa ini tidak akan berhasil. Hampir 15 menit saya menggiling kacang tanah ini tapi belum melihatkan hasil yang diinginkan. Teksturnya masih kasar. Kemudian saya menambahkan satu sendok makan lagi minyak dan terus saya memencet turn on-turn off tombol diblender setelah beberapa lama peanut butter yang saya inginkan jadi juga. Hasilnya cukup memuaskan untuk ukuran orang yang nggak sabaran. Rasanya lembut. Bahkan saya membersihkan blenderan dengan jari dan tentunya masuk mulut saya yang blepotan peanut butter. Sayang sekali kalau dibuang meskipun itu hanya sedikit tertinggal di dalam blender. Terima kasih ya Mbak Endang, saya menikmati peanut butternya.

Setelah merasakan lembutnya peanut butter ini, otak saya jadi bekerja dengan daftar menu makanan yang enak dengan bahan peanut butter ini. Selain olesan untuk roti. Dibuat cookies, ice cream, mungkin cake atau yang lainnya entahlah. Mungkin satu persatu saya ingin mengeksekusinya dengan tambahan peanut butter ini. Woow pasti tambah lezat.

Saya tidak akan panjang lebar. Bagi teman-teman yang mau mencoba peanut butter yang wajib anda sediakan di rumah. Karena rasanya sungguh luar biasa, terutama tanpa bahan pengawet. 

Peanut Butter

Bahan:
250 gram kacang tanah yang sudah di goreng/di oven/ di sangrai
5 sendok makan gula pasir atau sesuai selera
2 sendok makan minyak goreng/olive oil
Sedikit garam (sebagai penambah rasa)

Cara membuatnya:
  1. Sangrai atau goreng kacang tanah (tergantung selera ingin menggunakan kacang tanah kupas atau masih berkulit) hingga matang kuning kecoklatan tapi tidak gosong ya. Setelah kuning kecoklatan langsung angkat, karena kacang tanah masih proses memasak. Jika tidak segera diangkat kacang tanah anda akan gosong.
  2. Masukkan segera dalam blender dan proses hingga setengah lembut. Tambahkan gula pasir dan minyak satu sendok dulu, proses hingga lembut. Apabila kacang masih belum dirasa lembut tambahkan lagi satu sendok minyak dan proses kembali. Lakukan hingga benar-benar lembut.


  3. Peanut butter yang sudah jadi simpan dalam botol/toples selai yang sudah direndam diair mendidih sekitar 10 menit untuk menghilangkan bakteri. 
Ini Peanut butter yang saya simpan dalam lemari es dan masih tetap lembut.



Selamat mencoba *-*

Komentar

Postingan Populer