Japanese Cheese Cake

 Japanese Cheese cake ini resepnya saya dapat dari Teh Ricke Ordinary kitchen.. Ijin copas Teh... Meski dalam pemanggangannya terjadi incident loyang yang buat air panasnya ternyata bocor belum beberapa menit airnya udah abis, jadinya oven tutup buka buat diisi air kembali. Khawatirnya dengan tutup buka cake bakal gatot.. Tapi alhamdulillah jadi juga meskipun belum secantik miliknya Teh Ricke. Kapan-kapan saya harus coba lagi. Untuk soal rasa ueennnaaaaaaaaaaaaakkk buangget... Makannya tinggal telen.. Adek saya yang nggak suka cake malah ngambil potongan paling besar.

 Ini adonan campuran butter, cream cheese, susu, bahan kering, kuning telur dan kulit jeruk lemon.
 Adonan campuran cream cheese dan putih telur
Kocokan putih telur yang udah soft peak

Bahan :
60 gr terigu
20 gr maizena
50 gr butter
250 gr cream cheese suhu ruang
100 ml susu cair
6 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
6 putih telur
140 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang 20/22cm alas kertas roti oles mentega. Panaskan oven suhu 150'C.
  2. Campur bahan kering. Campur butter, cream cheese, dan susu cair panaskan di atas api kecil sampai leleh tak usah terlalu lama asal leleh dan tercampur rata. Maukkan campuran bahan kering ke dalam campuran cream cheese aduk rata. Masukkan kuning telur aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata.
  3. Kocok putih telur hingga berbusa masukkan gula dan air jeruk sedikit- sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang dan berbentuk kerucut (soft peak).
  4. Tuang 1/3 adonan putih telur pada adonan cream cheese aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa putih telur aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke dalam loyang panggang dengan cara bain au marie kurang lebih 75 menit (tergantung oven masing-masing. Kalau saya hampir sampai 2 jam) atau sa,pai permukaan kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
  5. Setelah benar-benar dingin lepaskan cake dari loyang kelupas kertas roti secara perlahan. Siapa disajikan dengan olesan glaze di atasnya atau toping sesuai selera.
 Disantap tanpa toping pun udah uennakk....

Selamat mencoba ^-^

Sumber : dianasdissert.com ---> Ricke-Ordinarykitchen.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer